Cegah Meluasnya Penyebaran Covid-19, Perayaan HUT Kota Singaraja 416 Dibatalkan - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

3/16/20

Cegah Meluasnya Penyebaran Covid-19, Perayaan HUT Kota Singaraja 416 Dibatalkan


Buleleng, dewatanews.com - Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana, ST bergerak cepat dalam menanggulangi penyebaran Covid 19 di Buleleng. Bupati yang biasa dipanggil PAS ini mengambil keputusan tegas untuk membatalkan rangkaian kegiatan HUT Kota Singaraja ke-416 tahun 2020.

Keputusan tersebut diambil Bupati PAS pada rapat koordinasi seluruh SKPD yang diselenggarakan di Ruang Rapat Lobi Kantor Bupati Buleleng, Senin (16/3).
Dalam keswmpatan ini, Bupati PAS menjelaskan segala bentuk acara dalam bentuk pengumpulan massa dibatalkan. Termasuk, serangkaian kegiatan dalam menyambut HUT Kota Singaraja ke 416 tahun 2020. Semua kegiatan yang telah disusun, dibatalkan untuk pencegahan penyebaran Covid-19. 
“Ini dilakukan sebagai bentuk pencegahan dan penanganan dini terhadap penyebaran Covid 19,” jelasnya.
Sebelumnya juga telah ditetapkan bahwa RS Pratama Giri Emas sebagai RS isolasi bagi pasien suspect Covid 19. Pendanaan terhadap penyediaan alat-alat medis di RS Pratama Giri Emas sudah dianggarkan sebesar Rp 10 Milyar. Dana tersebut diambil dari dana bencana. Selain itu, juga diambil dari rasionalisasi anggaran sebelumnya dan akan didiskusikan dengan pihak legislatif. “Kurang lebih Rp 10 Milyar diperlukan untuk penanganan Covid 19 ini,” ujar Bupati PAS.
Di hari yang sama, Bupati PAS juga melakukan pertemuan dengan para kepala sekolah untuk menyampaikan Surat Edaran Bupati Buleleng tentang kegiatan belajar mengajar di rumah. Bukan hanya menyampaikan liburnya saja, namun juga kegiatan apa saja yang dilakukan selama dua minggu. Mungkin dengan sistem online seperti penggunaan whatsapp
“Di samping itu kita juga akan menekankan bagaimana penerapan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Kita liburkan sampai tingkat TK,” ungkapnya.
Bagi desa-desa, sebagai bentuk pencegahan, juga dianjurkan untuk memakai dana bencana. Minimal dana pembelian disinfektan untuk penyemprotan pencegahan Covid 19. Seluruh upaya dilakukan sampai ke tingkat paling bawah. Para camat mengkoordinir untuk seluruh kegiatan pencegahan di desa-desa. 
“Sampai klian banjar, prajuru desa serta tokoh masyarakat akan dilibatkan untuk menjelaskan masalah ini sehingga benar-benar sampai level bawah pencegahannya,” ucap Bupati PAS. 

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com