Pohon Kuanji Tua Tumbang Timpa Palinggih dan Tembok Pura Puseh Desa Bengkala - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

Post Top Ad

Responsive Ads Here

2/11/20

Pohon Kuanji Tua Tumbang Timpa Palinggih dan Tembok Pura Puseh Desa Bengkala


Buleleng, Dewata News. Com - Pohon jenis Kuanji, yang telah berusia tua, dengan tinggi mencapai dua puluh meter, tumbang menimpa satu palinggih dan tembok pura. Pohon kuanji tua ini, berada di dalam Pura Puseh, Desa Bengkala, Kecamatan Kubutambahan, Buleleng. Peristiwa ini terjadi setelah hujan deras menguyur Desa Bengkala dan sekitarnya. Awalnya sekitar jam lima sore, cabang pohon di sisi utara, jatuh terlebih dahulu dan menimpa pelinggih. Jatuhan cabang pohon yang pertama itu juga memutus kabel PLN.

Penangan awal pun dilakukan terutamanya untuk kabel listrik agar tidak membayakan.  Setelah penanganan selesai, sekitar jam setengah tujuh petang, dengan tiba-tiba pohon kuanji roboh kearah selatan pura, menimpah tembok penyengker pura dan tembok panyengker rumah milik Nyoman Alit serta batang pohon menghalagi jalan utama menuju desa. Diperkirakan umur pohon yajng sudah sangat tua dan batang bawah pohon yang sudah lapuk, tak kuat lagi menahan batang utama yang menjulang tinggi. 

I Made Astika, Kepala Desa Bengkala mengatakan pohon yang tumbang ini adalah pohon yang cukup langka, dikenal dengan pohon kuanji.

"Perkiraan pohon ini telah berusia ratusan tahun. Awalnya hanya cabang batang kecil yang jatuh mimpa pelinggih,m setelah itu baru seluruh pohonnya tumbang," jelasnya pada Senin (10/2).


Palinggih yang mengalami keruskan, palinggih Ratu Dewi Danu yang memang posisinya ada di mandala utama Pura Puseh Desa Adat Bengkala. Palinggih berbentuk gedong itu rusak, beruntung pratima berupa bebaturan andesit yang ada didalamnya tidak rusak. 

Penanganan pohon tumbang dilakukan oleh tim BPBD Buleleng, untuk membuka jalan yang tertutup batang pohon yang tumbang. Butuh waktu dua jam, untuk memotong dan membersihkan batang pohon yang melintang di jalan. Batang pohon yang cukup besar menyebabkan proses penanganan berjalan lebih lama. 

Penanganan awal yang dilakukan, dengan membersihkan batang yang menghalangi jalan sehingga akses menuju desa dapat terbuka, selanjutnya BPBD Buleleng akan melakukan asesment kerusakan. pembersihan selanjutnya akan dilakukan esok hari. Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Buleleng Ida Bagus Suadnyana mengatakan hujan deras yang mengguyur Buleleng kemarin terpantau menyebabkan pohon tumbang di dua titik. Selain di Bengkala, pohon jenis singepur di Lingkungan Lingga, Kelurahan Banyuasri juga dilaporkan tumbang sore kemarin.

“Yang cukup parah itu yang di Bengkala, kalau yang dilingga hanya pohon singepur sudah tertangani. TRC kami sampai saat ini masih melakukan penanganan di Bengkala hingga tuntas kami utamakan akses jalan bisa dibuka dulu,” jelas Suadnyana. 

Kalak BPBD buleleng, menghimbau kepada seluruh masyarakat, untuk tetap waspada, di musim penghujan agar menghindari bernaung di bawah pohon perindang dan melintas di jalan yang dipenuhi tebing, untuk menjaga keselamatan diri, terhindar dari bencana pohon tumbang. (DN - KOP)

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here