Ketua DPRD Denpasar Resmikan Yayasan Jaya Swara Pura Dalem Ulunsuan - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

2/3/20

Ketua DPRD Denpasar Resmikan Yayasan Jaya Swara Pura Dalem Ulunsuan


Denpasar, Dewata News. Com - Yayasan Jaya Swara Pura Dalem Ulunsuan yang beralamat di Jalan Imam Bonjol Gang Ulunsuan, Banjar Abiantimbul, Desa Pemecatan Kelod, Denpasar Barat diresmikan langsung oleh Ketua DPRD Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Gede, SH beserta jajaran, Minggu (2/2).

Ketua Yayasan Jaya Swara Pura Dalem Ulunsuan, A.A Putra Juni Adi, ST mengatakan Yayasan yang didirikannya ini juga sudah mengantongi ijin dari Mentri Hukum dan HAM RI Nomor: AHU-0010503.AH.01.04.Tahun 2019. 

"Tujuan dibentuknya Yayasan Jaya Swara Pura Dalem Ulunsuan adalah untuk tetap bisa menjaga tradisi dalam berkesenian. Bahkan untuk bisa menopang kegkatan-kegiatan yang ada di Pura Dalem Ulunsuan dengan terus bisa mengadakan pelatihan untuk kepemangkuan dan mengadakan serati Banten," terangnya.

Lanjut Gung Adi, bahkan dengan telah diresmikan Yayasan Jaya Swara Pura Dalem Ulunsuan ini tentu kedepanya akan lebih mampu meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) agar lebih baik dan maju kedepanya. 

"Kemudian untuk nantinya bisa mengawali kegiatan lainya, pastinya sudah direncanakan dengan matang. Mungkin Kita awali dengan kegiatan di sanggar tari, sebab bertepatan dengan peresmian Yayasan juga bertepatan dengan peresmian sanggar tari seraya taksu. Dimana semuanya ini tidak terlepas dari pengembangan seni dan budaya," ucapnya.

Kemudian, Gung Adi juga menjelaskan nantinya melalui sanggar tari yang dimiliki akan terus bisa mengajak generasi muda untuk terus bisa berkesenian, khususnya untuk tari, tabuh, kawitan dan makidung. Selanjutnya untuk kegiatan lain yang ada di Yayasan akan terus diutamakan lewat pelatihan dan sertifikasi Banten tentunya.

"Memang kita sangat sadari betul untuk berbagai kegiatan yang akan dilakukan akan membutuhkan biaya. Nah kalau untuk di awal pelaksana kegiatan yang akan dilaksanakan sudah ada dana kas dari Pura Dalem Ulunsuan, namun tidak berarti untuk menutup kemungkinan untuk nantinya bisa bekerjasama dengan pemerintah maupun swasta sebagai penyumbang dana nantinya," imbuhnya.

Sementara Ketua Bidang Pendidikan dan SDM di PHDI yang juga sebagai pengempon di Pura Dalem Ulunsuan, Jro Mangku I Wayan Dodi Ariyata menambahkan bahwa sangat penting sekali di Pura Dalem Ulunsuan ada Yayasan. Karena di Pura Dalem nantinya tidak hanya sekedar dipakai untuk membangun infrastruktur dan upacara saja. Namun juga untuk kedepanya bisa mengembangkan SDM melalui pelatihan, serati Banten, dan berkesenian. 

"Apalagi di Yayasan Jaya Swara ini juga terdapat sanggar. Pastinya untuk bisa memajukan dan mengembangkan seni, budaya dan spiritual tidak akan sulit nantinya. Buktinya umat lain dengan adanya Yayasan, mereka bisa berkembang dan maju dengan pesatnya. Nah kenapa kita sebagai umat Hindu tidak bisa," tambahnya.

Disisi lain Ketua DPRD Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Gede, SH berharap supaya Yayasan Jaya Swara bisa memberikan contoh yang baik dalam pengembangan seni dan budaya yang ada di Kota Dwnpasar. Namun di balik itu Yayasan Jaya Swara juga harus bisa megacu pada kesejahteraan masyarakatnya terutama pada masyarakat pengempon Pura Dalem Ulunsuan. Apalagi dengan perkembangan zaman yang sudah modern sekarang ini, maka mau tidak mau harus terus ikut melestarikan seni budaya agar lebih maju dan berkembang. (DN - Bdi)

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com