Gubernur Koster Ingin Optimalkan Peran Pelabuhan Benoa untuk Ekspor Produk dari Bali - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

2/29/20

Gubernur Koster Ingin Optimalkan Peran Pelabuhan Benoa untuk Ekspor Produk dari Bali


Denpasar, Dewata News. Com - Gubernur Bali Wayan Koster menghadiri ‘Penandatangan Nota Kesepakatan Pemberian Insentif Jasa Pelabuhan Produk Ekspor Dari Bali, untuk Peningkatan Aktivitas dan Efesiensi Logistik Angkutan Laut ‘ pada Jumat (28/2) pagi di Benoa Cruise Terminal, Area Pelabuhan Benoa, Denpasar. 

Menurut Koster, Kebijakan ini  merupakan suatu inovasi baru di bidang transportasi dan menjadi suatu program pendukung infrastruktur darat, laut dan udara yang tengah dibangun secara terintegrasi dan terkoneksi.

Dikatakan Gubernur asal Desa Sembiran, Tejakula, Buleleng tersebut, selama ini manajemen yang dilakukan belum sepenuhnya terintegrasi, namun masih bersifat parsial, berjalan sendiri-sendiri. Hal ini antara lain mengakibatkan inefisiensi di dalam operasional transportasi. 

"Sejak lama transpostasi kita dominan melalui jalur darat, seperti kita lihat angkutan logistik dari jawa masuk ke Bali melalui jalur yang sangat rumit, banyak tikungan, naik turun plus macet dimana-mana. Disamping itu, beban dari kendaraan berupa truk-truk besar berakibat jalan di Bali jadi cepat rusak. Ditambah resiko ketidak-tertiban dalam berkendara yang bisa menyebabkan kecelakaan," jelasnya.

Untuk itu, Inovasi kebijakan yang mengoptimalkan peran pelabuhan Benoa sebagai fasilitas transportasi laut betul-betul pilihan yang sangat tepat. Nantinya akan mampu mengurangi kemacetan, kecelakaan dan lebih efisien di dalam pembiayaan. Selain itu kenyamanan juga akan lebih terjaga baik.

"Kapal-kapal banyak tersedia, contohnya keberangkatan logistik dari Surabaya hanya perlu satu hari. Ini bisa dikelola dengan baik menurut saya. Saya sangat mendukung inovasi kebijakan ini. Baru pertama kali dilakukan," ujarnya.

Koster menambahkan, nantinya bisa dikoordinasikan dengan Provinsi lain guna melakukan langkah serupa dan memberikan pemahaman serta penyadaran bahwa sinergi itu penting guna efisiensi dan efektifitas secara manajemen. 

"Tidak bisa lagi mengedepankan ego seperti yang selama ini banyak dipelihara, yang jadi penyebab utama negara ini menjdi tidak efisien. Terlebih sesame perusahaan milik negara. Sama-sama menjalankan misi untuk negara, untuk rakyat," terangnya.


Terlebih dikatakan Koster, Pelabuhan Benoa sangat mendukung kebutuhan akan ekspor produk dari Bali. Fungsi pelabuhan Benoa  tersebut harus secara sadar kita rancang sedemikian rupa.

"Pelabuhan Benoa sedang kita canangkan, bersama bapak menteri BUMN,  dengan desain yang terintegrasi seluruhnya. Harus aman, nyaman sebagai fasilitas publik," imbuhnya.

Nantinya desain tersebut akan menjadikan Benoa pelabuhan yang berkelas dunia. Ini menjadi bagian dari upaya membangun infrastruktur darat, laut dan udara yang terintegrasi sesuai visi kami Nangun Sat Kerthi Loka Bali  melalui program pembangunan  semesta berencana, menuju Bali Era Baru.

"Menurut pandangan saya, sebagai salah satu destinasi pariwisata terbaik di dunia, seharusnya Bali ini memiliki standar fasilitas berkelas dunia untuk mendukung kepariwisataan, sector logistiknya juga sehingga Bali ini bisa betul-betul berperan. Tidak lagi terlihat lalai dalam kualitas infrastrukturnya. Sekarang saya gencar untuk (infrastruktur) itu, demi memberikan keamanan dan kenyamanan untuk layanan publik hingga pelayanan pariwisatanya. Mimpi kita bersama, Bali punya kualitas dan standar kelas dunia yang bisa bersaing dengan negara seperti Singapura. Singapura tidak lebih hebat, mestinya tidak kalah. Hanya soal komitmen saja, asal mau pasti bisa. Maridukung penuh agar berjalan dengan lancar," pungkasnya.

Sementara Direktur Operasi dan Komersial PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III Putut Sri Muljanto  mengatakan jika kegiatan yang meurpakan kolaborasi apik antara Pelindo, Dinas Perhubungan dan Kantor Bea Cukai ini akan menunjang lagi laju ekspor barang dari Bali menuju pasar luar negeri.

"Semua stakeholder punya kepedulian yang sama untuk meningkatkan angka ekspor provinsi Bali. Biarlah orang luar negeri banyak yang main ke Bali, namun sebaliknya produk dari Bali yang ke luar negeri. Angkutan melalui laut selama ini kita lihat belum banyak minat, mengingat harganya belum kompetitif. Insentif yang kita berikan, membuat biaya angkut jadi berkurang hingga 30 persen sehingga penggunaan jasa angkutan laut seperti peti kemas kita harapkan meningkat. Sebaliknya angkutan lewat jalur darat bisa berkurang," jelas Putut Sri Muljanto.

Diaampaikan Putut, imbasnya bisa kepada menurunnya tingkat kepadatan di jalan darat, meningkatkan kenyaman dan mengurangi resiko kerusakan jalan hingga terjadinya kecelakaan.

"Ini adalah bukti pelindo hadir untuk mendukung pariwisata di Bali, juga untuk mendukung lancarnya arus angkutan melalui jalur laut. Sesuai pencanangan Benoa sebagai Maritime Tourism Hub pemerintah pusat dan Provinsi Bali," tutupnya.

Penandatangan Nota kesepakatan dilaksanakan oleh Gubernur Bali bersama Direktur Operasi dan Komersial PT Pelindo III, kepala Kantor Bea Cukai Denpasar, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Bali serta disaksikan pula oleh Sekretaris Daerah Provinsi Bali Dewa Made Indra.Seremoni juga dilanjutkan dengan pelepasan kapal angkut peti kemas yang  ditandai penekanan tombol sirine bersama oleh undangan VIP yang hadir. (DN - NgR)

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com