Waspada Cuaca Ekstrem, BPBD BALI Gelar Apel Siaga Bencana - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

1/5/20

Waspada Cuaca Ekstrem, BPBD BALI Gelar Apel Siaga Bencana


Denpasar, Dewata News. Com - Memasuki tahun 2020, Bali akhir akhir ini menghadapi bencana  cuaca ekstrim. Dampak yang timbul seperti hujan dengan intensitas tinggi, petir, gelombang pasang, tanah longsor, angin kencang hampir terjadi di seluruh kabupaten/kota se-Bali.

Mencermati kondisi diatas, maka dilaksanakan apel siaga menghadapi bencana, pada hari Minggu, 5 Januari 2020 bertempat di halaman  BPBD Provinsi Bali untuk memastikan kesiapan personil, peralatan dan  logistik, sarana serta  prasarana  yang ada. Sekretaris Daerah Prov. Bali (ex officio Kepala Badan BPBD). Dewa Made Indra didampingi Kalaksa BPBD Provinsi Bali memimpin  kegiatan yang dihadiri 157 staf, dan menyampaikan agar seluruh staf menjaga semangat dalam bertugas serta cepat merespon terkait kejadian bencana sebagai  implementasi Code of Conduct lembaga penanggulangan bencana ini. Ditambahkan pula bahwa Kecepatan sebagai kunci BPBD yang  harus terus dipelihara bahkan ditingkatkan didalam pelayanan penanggulangan bencana. 

Bencana kapan saja dapat terjadi, sehingga kerjasama antar lembaga seperti TAGANA, PMI, BMKG, BASARNAS,  PUPR, Dinas Sosial, Dinas Kesehatan hingga BPBD Kabupaten/Kota  untuk terus dipupuk dan ditingkatkan dalam kesiapsiagaan bencana.  "Tidak ada tanggal merah atau hitam, yang ada adalah tanggal hitam dalam penanggulangan bencana, karena urusan bencana urusan kita bersama, jadi harus terus siap siaga " tegas Dewa Made Indra. 

Sebagai wujud penguatan jejaring kebencanaan, setelah apel siaga dilanjutkan dengan kunjungan ke BPBD Kabupaten Badung, BPBD Kota Denpasar dan Basarnas di Jimbaran. Secara umum seluruh lembaga sangat siap  baik personil, logpal dan sarpras dalam menghadapi bencana. 

Dari rangkaian kegiatan hari ini, Dewa Made Indra menghimbau seluruh masyarakat Bali untuk meningkatkan kewaspadaan dalam menghadap cuaca ekstrem sesuai perkiraan cuaca yang dikeluarkan BMKG, serta diharapkan masyarakat dapat melakukan upaya mandiri (evakuasi dan menghindar) jika ada potensi ancaman bencana. Ditambahkan juga agar selalu mengikuti  update informasi yang resmi, dan hubungi call center BPBD Bali & BPBD Kab/Kota Se-Bali jika ada kebencanaan.

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com