Terima CSR dari Indonesia Power, Bupati Suwirta Pertegas Pemilahan Sampah Dari Rumah - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

1/6/20

Terima CSR dari Indonesia Power, Bupati Suwirta Pertegas Pemilahan Sampah Dari Rumah


Klungkung, Dewata News. Com - Pemerintah Kabupaten Klungkung menerima bantuan dana Corporate Social Responsbility (CSR) dari Indonesia Power Wilayah Bali. Penyerahan bantuan ini dilakukan oleh GM Indonesia Power Unit  Pembangkit Bali I Gusti Ngurah Agung dan diterima langsung oleh Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta didampingi Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan  A.A. Kirana, di ruang rapat Bupati Klungkung, Senin (6/1).

Adapun bentuk bantuan CSR tersebut yaitu bantuan dana sebesar Rp 72 juta  untuk pembelian mesin pencacah di TOSS Center Karangdadi dan Rp 120 Juta untuk perluasan bangunan TOSS Desa Paksebali. 

Bupati Suwirta dalam kesempatannya mengucapkan terima kasih kepada pihak Indonesia Power karena telah berkomiten mendukung pengelolaan sampah di Kabupaten Klungkung. Pihaknya berharap kerjasama ini akan terus terjalin dengan baik. 

Bupati asal Nusa Ceningan ini mengatakan, tahun 2020 pengoalahan sampah di Klungkung akan dilakukan dengan lebih pasti. “Saat ini kami sudah melakukan pengoalan sampah namun sampah masih banyak ditemukan dilapangan. Maka dari itu tahun ini kami akan bekerja lebih maksimal sehingga teknologi TOSS benar benar bisa dirasakan manfaatnya,” ujar Bupati Suwirta.
Lebih ljauh Bupati Suwirta menjelaskan, saat ini sampah dipasar sudah mulai dipilah plastic dan organik. Selain itu, pihak rumah tangga akan semakin diingatkan untuk  memilah sampah  dari rumah. TOSS Center Karangdadi  tahun ini akan dianggarkan dana Rp 2.7 Miliar dan nantinya akan terdapat pusat belajar/learning center tentang TOSS. 
Sampah yang datang nantinya sudah dipilah, dimana sampah plastiknya akan dibeli oleh swasta sedangkan sampah organic akan dicacah hingga menjadi serbuk. Namun konsep sampah menjadi listrik tetap ada di TOSS Center. Lahan tiga hektar juga sudah disiapkan untuk menjadi demplot memanfaat pupuk organic hasil olahan dari sampah melalui metode Ozaki, Jepang. Harapannya semua sampah langsung diolah dan  tidak ada sampah yang menumpuk. 

Kepada Kadis LHP, Bupati Suwirta perintahkan untuk secepatnya mempertegas himbauan pemilahan sampah dari rumah. Sehingga sampah yang masuk TOSS Center sudah terpilah dan bisa secepatnya diolah.
“Sampah yang masuk ke TOSS Center harus habis diolah, tidak boleh ada sampah yang menumpuk memanfaatkan semua teknologi yang ada, seperti dijadikan peyeum, maupun diolah menjadi pupuk melalui metode Ozaki, Jepang. Karena jika seandainya sampah sampai menumpuk, maka akan menjadi masalah baru.” pungkasnya. 

Sementara itu GM Indonesia Power Unit  Pembangkit Bali I Gusti Ngurah Agung mengatakan bantuan CSR ini merupakan komitmen Indonesia power dalam mendukung pengembangan dari pelaksanaan pengolahan sampah di Klungkung. Dirinya berharap semoga bantuan ini bisa benar benar bermanfaat bagi Desa Paksebali dan Klungkung pada umumnya. 

Perbekel Desa Paksebali Putu Ariadi dalam kesempatannya menyampaikan terima kasih kapada Indonesia Power atas bantuan yang diterima. Pihaknya berkomitmen untuk memproses sekaligus memerangi masalah sampah ditingkat desa melalui sumbernya. Selama ini warganya sudah memilah sampah mulai dari rumah tangga. Dirinya juga mengapresiasi langkah Bupati Klungkung yang terus berupaya memfasilitasi desa  yang ada di Klungkung untuk mendapatkan pendampingan dan anggaran dari pihak pihak yang ikut dalam penanganan masalah sampah. (DN - RLS)

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com