Pagerwesi, Pujawali Piodalan Ageng Pura Made Banjar Tegal - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

12/11/19

Pagerwesi, Pujawali Piodalan Ageng Pura Made Banjar Tegal


Buleleng, Dewata News. Com - Bertepatan dengan Buda Kliwon Sinta, Sasih Ke-enam - perayaan Pagerwesi, diselenggarakan Pujawali Piodalan Ageng Pura Made di Banjar Adat Pakraman Banjar Tegal, Buleleng, Rabu (11/12)

Upacara Pujawali Piodalan Ageng Pura Made dipuput Jro Mangku Nyoman Ariasa yang berlangsung sejak pagi dihadiri Kelian Adat Banjar Tegal, Jmk. Putu Santra, di samping para Jro Mangku dan warga masyarakat di Kelurahan Banjar Tegal.

Disela-sela puncak upacara Pujawali Piodalan Ageng Pura Made dari WHDI Banjar Tegal menampilkan Tarian Sekar Jagat langsung dipimpin Ketua WHDI yang juga istri Kelian Adat Banjar Tegal Terpilih 
Jro Mangku Gde Ketut Hartawan, SH.

Upacara Pujawali Piodalan Ageng Pura Made yang berlokasi di RT I Kelurahan Banjar Tegal, Buleleng diawali Munggah Sekar - Rahina Anggara - tanggal 10 Desember 2019 diwarnai acara Mesucian ring Pura Mumbul.

Upacara Mesucian ke Pura Mumbul yang berangkat kisaran pukul 14.00 Wita. Sesampainya di Pura Mumbul sedikit gerimis hujan. Pada petang itu sekitar pukul 18.00 Wita dilanjutkan dengan Mendak Betara ring Hulu Tukad Banyumala.

Sementara itu serangkaian acara Munggah Sekar Pujawali Piodalan Ageng Pura Made, Selasa pagi (10/12) mulai pukul 08.00 Wita diselenggarakan upacara "Pereboan" - Mendak Kemargi Ageng dipusatkan di seputaran Tugu Singa Ambara Raja. Sebelumnya dilaksanakan acara Nedunang Lingga Maya. Ngulapin/Mekalaiyas dipimpin langsung oleh Jro Mangku Nyoman Ariasa yang juga karyawan Pengadilan Negeri di Singaraja.

Selain dihadiri Kelian Adat Banjar Tegal Jmk. Putu Santra beserta jajaran Jro Mangku dan warga krama masyarakat, warga Krama Pengempon dan warga Krama Bakti, juga dihadiri Kelian Adat Terpilih yang diagendakan dilantik menjelang akhir tahun 2019 nanti. 

Selain itu juga dihadiri sejumlah undangan penting maupun para warga Krama Pengempon serta warga Krama Bakti. (DN - TiR).--

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com