SPAB Latih Pramuka di Gugus Depan Evakuasi Mandiri - Dewata News

Breaking News

Home Top Ad

Gold Ads (1170 x 350)

11/11/19

SPAB Latih Pramuka di Gugus Depan Evakuasi Mandiri


Buleleng, Dewata News. Com — Program bersama BNPB, Kemendikbud dan Kwarnas Gerakan Pramuka melalui program Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB) Berbasis Gugus Depan secara bertahap dan terus menerus disosialisasikan Tim Fasilitator SPAB Buleleng yang terdiri dari personil BPBD Buleleng, Disdikpora Buleleng dan Kwarcab Buleleng didalam upaya meningkatkan kewaspadaan dan melatih upaya untuk melakukan evakuasi mandiri bila terjadi bencana.

Upaya pengenalan melalui sosialisasi dan simulasi dilakukan Tim Fasilitator SPAB Buleleng, Sabtu (09/11) menyasar SMK Negeri 1 Kubutambahan dengan melibatkan ratusan Pramuka Penegak di sekolah tersebut yang diberikan pengenalan berkaitan dengan potensi dan kerawanan bencana serta upaya evakuasi yang dilakukan.

Koordinator Tim SPAB Buleleng, Ketut Susila Widiarsana mengatakan, edukasi kebencanaan sangat penting dilakukan pada semua gugus depan untuk kemandirian anak didik dalam menghadapi bencana dan evakuasi.

”Kami melaksanakan edukasi kebencanaan mulai dari potensi bencana yang ada di Buleleng, kemudian kita laksanakan dengan bagaimana bila sekolah aman bencana, kemudian simulasi bencana gempa,” ucapnya.

Pada bagian lain, Susila Widiarsana mengatakan, gugus depan atau sekolah juga perlu memiliki wadah atau organisasi secara khusus saat menghadapi musibah bencana, dimana masing-masing anggotanya memiliki tugas tersendiri dalam melakukan penanganan musibah bencana dilingkungan sekolah atau gugus depan.

Sosialisasi dan Simulasi SPAB Berbasis Gugus Depan tidak saja dilaksanakan pada jenjang Pramuka Penegak, namun penanganan bencana melalui mitigasi itu juga menyasar Pramuka Penggalang dan Pramuka Siaga yang tentunya setelah mendapatkan kegiatan tersebut mampu melakukan penanganan dan evakuasi secara mandiri bila terjadi bencana. (DN ~ TiR).—

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com