Rektor Jampel Tuntut Ketua dan Sekretaris Jurusan di Lingkungan Undiksha Kreatif dan Inovatif - Dewata News

Breaking News

Home Top Ad

Gold Ads (1170 x 350)

11/13/19

Rektor Jampel Tuntut Ketua dan Sekretaris Jurusan di Lingkungan Undiksha Kreatif dan Inovatif


Buleleng, Dewata News. Com  - Rektor, Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) Prof. Dr. I Nyoman Jampel, M.Pd., melantik Ketua Jurusan dan Sekretaris Jurusan di lingkungan Undiksha pada Rabu (13/11). 

Para pejabat struktural tersebut dituntut untuk kreatif dan inovatif, sehingga mampu mewujudkan lembaga yang semakin baik. 

Menurut rektor asal Nusa Dua, Kabupaten Badung ini dalam pengembangan lembaga harus mengedepankan stigma berpikir, bersikap, bertindak, dan berkomunikasi yang dilandasi oleh keluhuran nilai-nilai keharmonian dalam segala dimensinya.

“Saya berkeyakinan, bahwa dengan makna dan balutan harmoni semuanya akan berjalan sebagaimana poros perputaran matahari dan bumi dalam sumbunya masing-masing, sehingga kelangsungan kehidupan dunia tetap terjaga,” tegasnya. 

Menurut Jampel, nilai-nilai kepemipinan yang berlandaskan dan dijiwai oleh keharmonian merupakan kunci utama untuk membawa Undiksha untuk meraih dan menyatakan prestasi. Slama ini ditegaskan Jampel telah banyak upaya dan prestasi yang berhasil diraih perguruan tinggi negeri terbesar di Bali Utara ini. Tetapi hal itu dipandang belum cukup untuk menjadikan lembaga sebagai salah satu institusi pendidikan tinggi unggul dan diunggulkan dalam kontelasi dunia di era disrupsi saat ini.

“Untuk itu, saya kembali mengingatkan dan mengajak kita semua, terutama saudara-saudara yang hari ini dilantik dan diberi kepercayaan lebih untuk ikut serta mengelola dan menjadikan lembaga ini lebih baik, maka saya tegaskan mari eratkan simpul-simpul perolehan prestasi untuk lembaga, bukan untuk diri sendiri, kelompok, terlebih untuk orang lain di luar lembaga,” katanya. 

Untuk mewujudkan hal tersebut, seluruh civitas akademika diminta selalu mengedepankan pola berpikir kreatif untuk berinovasi, bersikap aspiratif untuk membangun kolaborasi yang produktif, berperilaku kooperatif untuk berkreasi, dan menjadikan perilaku kreatif sebagai sebuah kebiasaan yang prestatif.

“Melalui pengembangan dan pembiasaan empat hal ini, saya berkeyakinan, secara pasti raihan dan degree lembaga yang sudah menjadi rumah kedua bagi kita akan terwujud,” ucap mantan Wakil Rektor II Undiksha ini. 

Sebagaimana tahapan pembangunan Undiksha yang telah sering digaungkan, sebanyak 16 Ketua Jurusan dan Sekretaris Jurusan didorong untuk menjalankan segala bentuk program dan kegiatan yang selalu merujuk pada enam hal utama, yaitu lima skala prioritas pembangunan nasional, tujuh pilar utama Renstra Kemenristekdikti, sembilan standar BAN PT, dua indikator klasterisasi perguruan tinggi, kontrak kinerja rektor dengan menteri, dan yang terakhir rencana bisnis dan anggaran Undiksha.

“Hal ini penting menjadi pemahaman dan dipedomani oleh segenap civitas Undiksha, terutama mereka yang berposisi sebagai regulator dan pengambil kebijakan. Karena peringkat dan capaian keunggulan Undiksha hanya mungkin tercapai ketika program dan kegiatan kelembagaan merujuk dan mendukung ke enam hal tersebut terealisasikan dengan baik dan sebenarnya,” tegasnya. 

Saat ini Undiksha telah memasuki tahap akhir tahun anggaran dan segera akan masuki tahun anggaran dan program baru, untuk itu Ketua dan Sekretaris Jurusan sebagai ujung tombak manajerial kelembagaan terendah sesuai dengan OTK Undiksha, diminta jeli dan cermat untuk mengusulkan program dan kegiatan dalam rapat kerja atau rakorbang yang dilakukan di masing-masing Fakultas. Hal tersebut sebagai salah satu strategi untuk menjadikan Undiksha unggul dan berprestasi.

“Harapan saya, dengan PNBP yang belum begitu memadai, kita mampu menghasilkan program dan prestasi yang melampaui lembaga lain yang PNBP-nya lebih tinggi. Artinya berpikir, bersikap, berperilaku dalam penyusunan program harus mampu menterjadikan program itu efektif dengan menghasilkan outcome yang mendongkrak capaian mutu dan prestasi Undiksha,” sambung Jampel. 

Penyusunan program juga ditegaskan harus  memenuhi unsur akuntabel,  efisien, efektif, dan menghasilkan outcome. “Ini yang harus benar-benar dicermati,” pungkasnya. Sementara itu, Ketua Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi, Dr. I Nengah Suarmanayasa, S.E.,M.Si., menyatakan komitmen untuk mengikuti arahan Rektor. Ia pun melihat sampai saat ini, khususnya di jurusannya masih ada sejumlah hal yang harus diperbaiki. “Seperti pelaksanaan kegiatan, ada yang belum sepenuhnya mengacu pada enam hal yang disampaikan Pak Rektor. Ini tentu harus kami tindaklanjuti,” sebutnya.

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com