Panen Demplot Padi Hibrida, Pertanian Diharapkan Bersinergi Dengan Pariwisata - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

11/22/19

Panen Demplot Padi Hibrida, Pertanian Diharapkan Bersinergi Dengan Pariwisata


Gianyar, Dewata News. Com - Bupati Gianyar Made Mahayastra ikut panen demplot varietas padi hibrida sembada 168 bersama petani di Subak Tegallampit, Desa Melinggih, Kecamatan Payangan, Jumat (22/11). Penanaman demplot padi varietas hibrida sembada 168 ini telah meningkatkan panen petani setempat dari 7 ton/hektar menjadi 10 ton per hektar.

Hal tersebut disampaikan Pekaseh Subak Tegallampit, I Made Gandra saat menemani Bupati Mahayastra memanen padi dengan alat panen combine harvester. Gandra menuturkan, demplot padi hibrida sembada 168 seluas 10 hektar dengan 95 orang petani penggarap. Dengan menanam varietas padi hibrida sembada 168 ini, pihaknya optimis hasil panen akan jauh meningkat. Gandra juga menuturkan berbagai bantuan yang diterima petani di subaknya diantaranya tahun 2017 bantuan traktor dan mesin perontok padi (dores), 2018 bantuan traktor dan combine harvester. 

“Juga pembangunan jalan usaha tani dan perbaikan jalur irigasi,” ujar Gandra. Pihaknya berterima kasih atas perhatian pemerintah, baik provinsi dan kabupaten, terhadap sektor pertanian.

Sementara itu, Bupati Mahayastra berharap profesi petani ke depannya akan menjadi profesi yang mampu membawa kesejahteraan bagi masyarakat.  Untuk itu, Pemkab Gianyar di bawah kepemimpinannya memberi perhatian lebih pada sektor pertanian. “Berbagai bantuan dan subsidi kita gelontorkan bagi petani, saya berharap petani kita berdaya, petani jangan takut mengembangkan diri, ke depan petani akan menjadi profesi yang akan mensejahterakan masyarakat,” papar Bupati Mahayastra.

Gianyar memang dikenal sebagai daerah seni dan daerah pariwisata, namun tanpa ditopang oleh sektor pertanian, pariwisata tidak akan berkembang. Oleh sebab itu, Bupati Mahayastra berharap petani tidak menjual lahannya dengan dalih nilai NJOP yang tinggi, yang berimbas pada tingginya pajak bumi dan bangunan. “Oleh sebab itu, saya memberi perhatian yang tinggi pada para petani, ke depannya saya kembangkan sektor pariwisata yang bersinergi dengan pertanian, sehingga pertanian maju seiring pariwisata,” tandas Bupati Mahayastra. (DN - CiN)

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com