Era Revolusi Industri 4.0, Guru Harus Lebih Profesional - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

11/25/19

Era Revolusi Industri 4.0, Guru Harus Lebih Profesional


Denpasar, Dewata News. Com - SMK PGRI 3 Denpasar menyambut HUT PGRI ke 74 dan hari guru ini harus bisa dimaknai. Apalagi sudah memasuki zaman now atau zaman digital, musti posisi guru bisa tetap dihormati sebagai seorang pendidik dan pengajar. 

"Seiring dengan tuntutan zaman inilah guru musti bisa berpikir lebih milinial lagi, bukan sebaliknya malah bercermin kebelakang lagi," ujar Ketua Yayasan Pembina Lembaga Pendidikan PGRI yang juga Kepala SMK PGRI 3 Denpasar, Drs I Nengah Madiadnyana, MM, Senin (25/11).

Dikatakan, kalau guru itu bisa lebih profesional, maka hasilnya akan bisa lebih optimal. Sesungguhnya seorang guru memiliki tanggung jawab yang lebih besar seiring dengan perubahan zaman. 

"Jika sebelumnya hasilnya kurang optimal, maka saat ini tidak bisa seperti itu lagi. Apalagi sudah memasuki era revolusi industri 4.0. Seorang guru harus bisa bersikap, kalau tidak akan bisa tergerus oleh zaman," terangnya.

Lebih jauhnya, dengan perkembangan zaman, pastinya para siswa akan lebih pintar dari gurunya, sebab para siswa lebih cepat bisa menggali informasi yang bisa didapatnya melalui gadget.

“Intinya ilmu pengetahuan bisa didapat darimana saja, tidak mesti dari guru yang mengajar disekolahnya melainkan pengalaman bisa didapat lewat gadget," ucapnya.

Dijelaskan, walau zaman terus berkembang, namun posisi guru sebagai pendidik dan pengajar terus dibutuhkan dalam dunia pendidikan untuk bisa memberikan bimbingan dan motivasi agar bisa kedepanya lebih pandai dan pintar, namun musti kemampuan guru harus diimbangi dengan terbukanya wawasan yang lebih luas lagi.

"Dulu, seorang guru ilmunya masih terbatas. Namun dengan perkembangan zaman di era revolusi industri 4.0 ini, guru harus lebih mampu menguasainya. Ini merupakan sebuah tantangan kalau tidak mau nantinya digerus oleh zaman," jelasnya.

Menurutnya, guru tidak bisa lagi bersikap orthodoks, seolah-olah dirinya paling tahu dan menganggap remeh masukan dari yang lain. Tapi di era revolusi industri 4.0 ini, guru mesti lebih bisa beradaptasi dengan perubahan yang terjadi.

“Guru jangan takut membuka diri, kalau perlu jadikan siswa sebagai narasumber, sebab wawasan yang tidak diketahui seorang guru bisa didapat dari pengalaman yang didapat para siswa yang begitu aktifnya membuka situs melalui gedget,” imbuhnya.

Ditambahkan, maka dari itu memaknai HUT 74 tahun PGRI dan hari guru, dan perlu kiranya terobosan ilmu pengetahuan dalam rangka menyikapi era revolusi industri 4.0 ini. Semua persoalan saat ini bisa dicarikan jalan keluarnya, dunia masih sangat terbuka lebar.

Karena begitu banyak peran guru, maka hasilnya pun sudah terlihat yakni prestasi yang diraih para siswa SMK PGRI 3 Denpasar sudah cukup banyak baik dibidang akademik maupun non akademik, serta sekolah ini juga diakui sebagai sekolah lingkungan bersih terbebas dari sampah plastik dengan mendapatkan rengking ke-2 se-Kota Denpasar," tambahnya. (DN - Bdi)

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com