Buleleng Miliki Wilayah Luas, Bupati PAS Akan Bentuk Perangkat Daerah Litbang - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

11/5/19

Buleleng Miliki Wilayah Luas, Bupati PAS Akan Bentuk Perangkat Daerah Litbang


Buleleng, Dewata News. Com —  Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana, ST tidak menampik Kabupaten Buleleng di belahan Utara pulau Dewata ini memiliki wilayah yang sangat luas. Oleh karena itu, diperlukan perangkat daerah tersendiri untuk Penelitian dan Pengembangan (Litbang). Selama ini, Litbang masih tergabung dengan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda).

Keinginan untuk memiliki perangkat daerah Litbang tersendiri diungkapkan Bupati PAS sapaan akrab Putu Agus Suradnyana saat melakukan dialog interaktif di salah satu radio swasta di Kota Singaraja, Selasa pagi (05/11).

Bupati PAS juga menjelaskan,wilayah Kabupaten Buleleng terbentang dari timur ke barat dan memenuhi sepertiga wilayah Bali. Dengan luasan itu, diperlukan penelitian dan pengembangan yang komprehensif untuk pembangunan di Kabupaten Buleleng. Dengan berdiri sendiri menjadi sebuah perangkat daerah, Litbang di Buleleng menjadi lebih maksimal. 

”Kami sangat memerlukan Litbang tersebut untuk membantu merencanakan pembangunan di Kabupaten yang luas ini”, jelasnya.

Selain karena wilayah yang luas, menurut Bupati PAS, perangkat daerah Litbang ini diperlukan agar keluwesan dalam berkoordinasi di semua lini bisa tercipta. Dalam penelitian, diperlukan koordinasi ke semua pihak, termasuk Universitas seperti Undiksha, Unud dan universitas-universitas lainnya di dalam maupun luar Bali. 

Koordinasi juga akan dilakukan sampai ke tingkat Kementerian dalam bidang penelitian dan pengembangan perencanaan pembangunan. ”Ya biar luwes juga. Takutnya nanti, kalau masih eselon tiga koordinasinya tidak bagus. Tidak bisa mengemabil keputusan. Keder duluan”, ujarnya.

Bupati PAS juga mengungkapkan, bahwa  pengembangan Litbang ini akan berbarengan dengan penyusunan kembali organisasi perangkat daerah (OPD) yang ada. Maksuidnya, ada yang digabungkan dan dikembalikan, di samping ada juga yang dikembangkan seperti Litbang ini.  Penggabungan dilakukan untuk efisiensi anggaran dan juga evaluasi  OPD yang ada. 

”Ada juga penguatan kewenangan, mulai dari Dinas Satpol PP, Badan Keuangan Daerah (BKD), serta Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Buleleng. Karena ketiga OPD tersebut akan melaksanakan tugas yang bersinergi”, ungkapnya.

Untuk Sumber Daya Manusia (SDM), dirinya menambahkan akan disesuaikan dengan kemampuan Jika dari Pegawai Negeri Sipil (PNS) akan mengikuti jalur atau aturan yang ada dimana akan ditaruh. Sedangkan untuk Tenaga Kontrak akan disesuaikan dengan kemampuan masing-masing. 

”Selama ini kan tenaga kontrak disamaratakan. Nanti, setelah ada evaluasi OPD ini, kami akan atur sesuai kemampuan mereka”. tandas Bup[ati PAS. (DN ~ TiR).—

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com