Undiksha Raih Juara Umum Kejuaraan Renang Antar Mahasiswa se-Indonesia di Makassar - Dewata News

Breaking News

Home Top Ad

Gold Ads (1170 x 350)

10/29/19

Undiksha Raih Juara Umum Kejuaraan Renang Antar Mahasiswa se-Indonesia di Makassar


Buleleng, Dewata News. Com - Mahasiswa Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) kembali berhasil menorehkan prestasi. Kali ini datang dari Fakultas Olahraga dan Kesehatan (FOK) yang menyabet 16 medali dalam ajang Kejuaraan Renang Antar Mahasiswa se-Indonesia 2019. Raihan tersebut sekaligus menjadikan Undiksha sebagai juara umum. Prestasi itu telah disampaikan ke Rektor Undiksha, Prof. Dr. I Nyoman Jampel, M.Pd., Selasa (29/10). 

Kejuaraan tersebut berlangsung di Universitas Hasanuddin, Makassar pada tanggal 25 dan 26 Oktober 2019. 

Dekan FOK Undiksha, I Ketut Budaya Astra, S.Pd, M.Or mengatakan, ada lima mahasiswa yang turun pada ajang bergengsi itu. Yakni Agus Nuarta, Ni Nyoman Dewi Setiari, Dewa Gede Anom Artha Tenaya, Ni Made Putri Dharmayanti dan Ida Bagus Gede Jaya Mahotama. Mereka turun dalam tiga nomor berbeda, dengan raihan 11 medali emas, 2 medali perak dan 2 medali perunggu. 

Pada kompetisi itu, Undiksha harus bersaing dengan sejumlah perguruan tinggi, seperti dari Yogyakarta, Bandung dan lain sebagainya.

"Dengan raihan medali ini, Undiksha berhasil menjadi juara umum," ungkapnya didampingi Wakil Dekan III, I Kadek Happy Kardiawan, S.Pd, M.Pd. 

Atlet yang berlaga itu, lanjutnya, sudah pernah tampil di ajang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Bali dan Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNAS). 

"Sehingga persiapannya sudah cukup lama. Atlet-atlet ini juga sudah punya club masing-masing," jelasnya. 

Disampaikan lebih lanjut, raihan prestasi itu tentu menjadi sebuah kebangggan. Namun demikian, para atlet diharapkan bisa terus meningkatkan kualitas diri sehingga mampu tampil pada ajang lebih tinggi dan berhasil pula menorehkan prestasi.

Dalam hal ini, perhatian pimpinan universitas diharapkan juga semakin serius, salah satunya dengan membentuk Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Renang.

"Sekarang belum ada. Dari sisi peminat cukup banyak. Kami berharap UKM itu bisa terbentuk dan didanai. Ini untuk memaksimalkan pengembangan bakat mahasiswa," sebut Budaya Astra. 

Rektor Undiksha, Prof. Dr. I Nyoman Jampel, M.Pd menegaskan prestasi ini patut disyukuri, karena menjadi kado istimewa untuk Undiksha. Karena akan mengangkat citra, baik di masyarakat dan mampu semakin di kenal. 

“Cita-cita saya itu, saya tidak ingin Undiksha hanya di kenal di Indonesia. Tetapi juga dunia. Oleh karena itu, saya ingin Undiksha bisa menjadi rujukan dari perguruan tinggi lain,” sebutnya. 

Mahasiswa tersebut, termasuk yang lainnya didorong untuk terus melahirkan prestasi hingga ke tingkat internasional. Jika itu tercapai, ia menyatakan kelulusannya bisa tanpa mengikuti ujian skripsi.

“Kalau bisa juara dunia, akan langsung lulus. Oleh karena itu, kami terus mendorong mahasiswa untuk meningkatkan kualitas diri,” tegas mantan Wakil Rektor II Undiksha ini. 

Sebagai orang nomor satu di perguran tinggi negeri terbesar di Bali Utara ini, Prof. Nyoman Jampel juga memberikan peluang kepada mahasiswa untuk mengembangkan minat dan bakat. 

Termasuk bidang renang, didukung untuk pembentukan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), termasuk dari sisi pendanaannya.

“Kemampuan akademik memang tetap harus diperhatikan oleh mahasiswa. Tetapi untuk pengembangan bakat bisa dilakukan juga. Kalau bisanya latihan saat jam kuliah, tinggal disampaikan. Nanti saya akan menyampaikan ke Dekan supaya bisa disesuaikan,” pungkasnya.

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com