Cok Ace Hadiri Karya Tawur Mesapuh Agung Pura Tirtha Empul - Dewata News

Breaking News

Home Top Ad

Gold Ads (1170 x 350)

10/2/19

Cok Ace Hadiri Karya Tawur Mesapuh Agung Pura Tirtha Empul


Gianyar, Dewata News. Com - Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati (Cok Ace) didampingi Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat Setda Provinsi Bali A A Gede Geriya menghadiri Karya Tawur Mesapuh Agung, Panyegjeg Jagat lan Pujawali Ngusaba Kapat di Kahyangan Jagat, Pura Tirta Empul, Desa Manukaya Let, Tampaksiring, Gianyar, Rabu (2/10).

Dalam sambrama wacananya, Wagub Cok Ace menyampaikan apresiasi atas penyelenggaraan Yadnya yang telah dilaksanakan para pengempon Pura Tirta Empul Tampaksiring.

Wagub Cok Ace menyampaikan bahwa pelaksanaan yadnya sangatlah penting sebagai bentuk wujud bakti serta bentuk rasa syukur kita kehadapan Ida Sang Hyang Widi Wasa atas segala berkah yang telah diberikan untuk kesejahteraan kita bersama. Untuk itu, Wagub Cok Ace mengajak Krama untuk selalu meningkatkan sradha bakti dan selalu mengucap syukur atas segala limpahan yang telah diterima.

"Segala bentuk Yadnya yang kita lakukan sesungguhnya untuk menjaga keseimbangan alam sekala dan niskala serta membayar tiga hutang kelahiran kita yaitu Tri Rna. Kedepan saya harap yadnya yadnya lainnya dapat terus  dilakukan didasarkan pada ketulusan hati, keheningan pikiran sesuai dengan ajaran agama serta adat istiadat yang ada. Yadnya ini merupakan bentuk syukur kita atas segala anugrah, mari kita jaga bersama keseimbangan alam antara sekala dan niskala , " imbuhnya. 

Karya Tawur Mesapuh Agung, Panyegjeg Jagat lan Pujawali Ngusaba Kapat di Kahyangan Jagat, Pura Tirta Empul dilaksanakan serangkaian selesainya renovasi serta penataan yang dilakukan di Pura Kahyangan Jagat ini.  Rangkaian karya sendiri sudah mulai dilakukan sejak tanggal 2 September dan upacara penyineban akan dilaksanakan pada tanggal 30 Oktober mendatang. 

Rangkaian upacara yang turut dihadiri oleh Bupati Karangasem, Wakil Bupati Gianyar, para penglisir Puri se Bali serta Bendesa se Tampak Siring ini dipuput Peranda Siwa, Peranda Budha serta Resi Bujangga . Karya juga diisi dengan pementasan tarian sakral  diantaranya Rejang Sepuh Agung, Rejang dan Baris Gede Tirta Empul, Topeng Sidhakarya serta Tari Gambuh.

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com