Tingkatkan Daya Saing, Undiksha Genjot Publikasi Jurnal - Dewata News

Breaking News

Home Top Ad

Gold Ads (1170 x 350)

9/19/19

Tingkatkan Daya Saing, Undiksha Genjot Publikasi Jurnal


Buleleng, Dewata News. Com - Sejumlah dosen Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) diberikan penghargaan oleh Rektor, Prof. Dr. I Nyoman Jampel, M.Pd., Kamis (19/9). Hal tersebut dikarenakan artikelnya mampu terbit pada jurnal terakreditasi Sinta. Capaian tersebut diapresiasi karena mampu mendukung perankingan universitas, baik tingkat nasional maupun internasional.

Rektor Jampel menjelaskan publikasi jurnal sudah diinisiasi pada tahun 2016 yang dibarengi dengan pembentukan tim pengembang. Kebijakan tersebut membuahkan hasil positif. Pada tahun 2019, tercatat sudah ada 22 jurnal yang masuk akreditasi Sinta. Hal tersebut menempatkan Undiksha diposisi ketujuh dari 12 Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) di Indonesia. Namun demikian, di luar jumlah tersebut, sudah ada 50 jurnal yang sedang dalam proses sertifikasi.

“Kami berharap bulan ini sudah terbit sertifikat Sinta. Sehingga Undiksha punya 72 jurnal,” jelasnya. 

Tahun ini, ditargetkan ada seratus jurnal yang masuk Sinta. Jika hal tersebut mampu terpenuhi, peringkat Undiksha di skala nasional, khususnya untuk lingkup LPTK bisa terus naik. Oleh sebab itu, diharapkan ada dukungan dari seluruh dosen.

“Kalau ini bisa terwujud, Undiksha akan mampu masuk ke peringkat kedua. Ini yang perlu mendapat dukungan dari seluruh dosen,” ucapnya.

Capai tersebut juga akan menjadikan Undiksha semakin cepat dikenal. Baik pada tingkat nasional maupun internasional. “Kalau kita sudah memiliki 72 jurnal terakreditasi Sinta, kita akan dicari dosen dari perguruan tinggi lain, ini secara otomatis mencari Undiksha, dan paham terhadap Undiksha . Walaupun berada di daerah pinggiran, tidak lagi dipandang sebelah mata,” tegas Rektor asal Nusa Dua, Kabupaten Badung ini.

Ia meminta para dosen untuk tidak puas atas capaian tersebut. Namun tetap melakukan upaya sehingga nantinya dapat menghasilkan artikel pada grade lebih tinggi, termasuk pada jurnal bereputasi internasional atau scopus.

“Setiap tahun saya inginkan ada yang terbut di scopus,” katanya, seraya menambahkan penghargaan yang juga ditujukan kepada Dekan dan Koordinator Prodi ini sebagai salah satu bentuk upaya untuk memunculkan motivasi. “Tentu apa yang dilakukan para dosen, kami berikan apresiasi,” imbuhnya. 

Ketua Pusat Pengembang Jurnal Undiksha, Dr. I Wayan Widiana, S.Pd.,M.Pd., menjelaskan jurnal tersebut terdiri dari berbagai bidang, mulai dari ilmu pendidikan, sains, ekonomi maupun ilmu sosial. Dirinya yang juga memboyong empat penghargaan dari Rektor menegaskan tetap melakukan upaya dalam peningkatan jumlah jurnal, sehingga Undiksha semakin berdaya saing. “Kami berupaya untuk mencapai jumlah yang ditargetkan. Saya mengapresiasi LPPM karena telah memberikan support,” pungkasnya. (DN - RLS)

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com