Sosialisasi Fasilitas AKSes dan Pengembangan KSEI untuk Jasa Keuangan - Dewata News

Breaking News

Home Top Ad

Gold Ads (1170 x 350)

9/26/19

Sosialisasi Fasilitas AKSes dan Pengembangan KSEI untuk Jasa Keuangan


Denpasar, Dewata News. Com - Beberapa pengembangan dan inisiatif tengah dilakukan Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI), terutama implementasi Fasilitas AKSes NextGdan juga simplifikasi pembukaan Rekening Efek (RE) dan Rekening Dana Nasabah (RDN) sesuai dengan arah pengembangan sektor jasa keuangan Indonesia yang tercantum dalam master plan sektor jasa keuangan Indonesia tahun 2015-2019. 

Kegiatan ini menghadirkan tiga orang narasumber yakni Bapak Amrizal Arief dari PT KSEI, Bapak Agus Andiyasa dari PT Bursa Efek Indonesia (BEI) Denpasar dan Bapak Muhammad Rolla dari PT KPEI.

Menurut Amrizal Arief dari PT KSEI, tujuan program kerja ini dilakukan agar pembukaan RE dan RDN lebih mudah, cepat dan menjangkau lokasi yang lebih luas sehingga investor dapat segera melakukan transaksi di pasar modal. 

"KSEI sendiri telah memulai inisiatif ini sejak tahun 2016 dengan target awal adanya pedoman untuk penggunaan aplikasi elektronik dalam pembukaan rekening serta adanya pedoman untuk pembukaan RE agar dapat dilakukan melalui cabang-cabang Bank Administrator RDN," terangnya, Kamis (26/9) di rumah makan bendega.

Lanjutnya, tahap berikutnya akan dilakukan pengembangan infrastruktur untuk mendukung mekanisme simplifikasi pembukaan RE dan RDN melalui AKSes Financial Hub di tahun 2019. Saat ini, KSEI sedang mengkaji kemungkinan diterapkannya full dematerialisasi di pasar modal Indonesia. 

"Untuk inisiatif strategis yang lainnya, berupa Layanan KYC Administrator Agent. KSEI telah memulai kajian pembuatan platform penyimpanan data KYC yang tersentralisasi dan dapat digunakan oleh Pelaku Jasa Keuangan (PJK) untuk sharing informasi KYC sehingga kualitas data nasabah menjadi lebih baik. Saat ini, masih terdapat pula pengulangan proses KYC untuk investor yang sama pada PJK yang berbeda," ucapnya.

Kemudian, ujar Amrizal Arief, insiatif KSEI yang tak kalah pentingnya yaitu e-proxy dan e-voting platform, yang dimana agar proses RUPS dapat berjalan efnsien dan efektif diantara pihak-pihak terkait, salah satunya memberikan kuasa untuk menghadiri RUPS dan memberikan hak suara melalui e-proxy dan e-voting platform. 

"Dan untuk pengembangan tersebut, KSEI telah menunjuk Central Securities Depository (CSD) of Turkey MKK (Merkezi Kayit Kurulusu) sebagai mitra untuk melakukan pengembangan e-proxy and e-voting platform," imbuhnya.

Ditambahkan, dengan berbagai pencapaian dan pengembangan tersebut, KSEI kembali meraih Marquee Award sebagai The Best Central Secuzities Depository in Southeast Asia in 2018 versi Alpha Southeast Asia, yang sebelumnya juga pernah diraih di tahun 2016 dengan terimplementasikannya S-INVEST.

"Secara garis besar, tujuan rencana jangka panjang KSEI adalah membangun kapasitas dan kapabilitas perusahaan yang setara dengan Lembaga Penyimpanan dan Penyelesaian di tingkat regional dalam menghadapi tantangan globalisasi, mendukung perkembangan industri pasar modal. serta meningkatkan kenyamanan dan keamanan bagi pemakai jasa KSEI," tambahnya. (DN - Bdi)

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com