Pelaksanaan AKKI UNR, Maba Dibekali Wasbang - Dewata News

Breaking News

Home Top Ad

Gold Ads (1170 x 350)

9/22/19

Pelaksanaan AKKI UNR, Maba Dibekali Wasbang


Denpasar, Dewata News. Com - Universitas Ngurah Rai (UNR) Denpasar melaksanakan cerama Wawasan Kebangsaan (Wasbang) dengan bertemakan kampus bebas dari paparan radikalisme untuk seluruh mahasiswa baru (maba) tahun ajaran 2019/2020 dengan menghadirkan narasumber dari Korem 163 Wirasatya, Mayor Infantri I Gusti Ngurah Sudewa dihalaman kampus setempat, Sabtu (21/9).

Wakil Rektor III, Dewa Made Karsa, SH, MM mengatakan dilaksanakannya ceramah Wasbang ini tentu tidak terlepas dari mengawali pelaksanaan Adaptasi Kehidupan Kampus dan Inagurasi (AKKI). Karena melalui ceramah Wasbang yang diberikan oleh narasumber tentu akan bisa menanamkan nilai-nilai moral yang terkandung di dalamnya.

"Paling tidak seluruh maba melalui ceramah Wasbang akan bisa mendapatkan banyak pembekalan ilmu pengetahun yang nantinya bisa diterapkan dimasyakat," terang Dewa Karsa yang juga sebagai panitia pelaksaan AKKI untuk maba.

Dewa Karsa juga mengatakan kalau pelaksanaan AKKI sudah dilaksanakan, pada hari Jumat (20/9) yang diawali dengan pembukaan oleh Rektor UNR, Dr.Drs.Nyoman Sura Adi Tanaya, M.Si. 

"Kemudian dilanjutkan dengan upacara bendera, pembagian kelompok dan pembagian perlengkapan kepada seluruh maba dimasing-masing Fakultas," terangnya.

Setelah diberikan ceramah Wasbang, Dewa Karsa menjelaskan kalau maba juga diberikan ceramah terkait soal pemberantasan 
tubercolusis oleh Perkumpulan  
Pemberantasan Tuberkulusis Indonesia (PPTI) Bali yang dilanjutkan dengan pembinaan karakter, penggalian minat dan bakat. 

"Selanjutnya, acara penutup pelaksanaan AKKI dilaksanakan di Taman Pujaan Bangsa Margarana, Tabanan, Minggu (22/9) yang titandai dengan apel persada dan tabur bunga serta dilanjutkan dengan acara tapak tilas di lokasi perjuangan I Gusti Ngurah Rai dan terakhir pembagian sertifikat kepada para maba yang sudah dengan sunggu-sungguh melaksanakan AKKI," imbuhnya.

Sementara Mayor Infantri I Gusti Ngurah Sudewa setelah memberikan ceramah Wasbang menyampaikan kalau semua pesan yang disampikan kepada seluruh maba tentu ada banyak nilai-nilai moral yang terkadung di dalamnya sesuai dengan tema yang diangkat yakni mengenai kampus bebas dari paparan rasikalisme.

"Selain itu, diingatkan juga kepada maba sebagai masyarakat kampus agar tidak mudah terpropokasi dengan isu-isu yang berkembang. Jadilah warga kampus dengan berbagai keragaman yang ada," pungkasnya.

Rektor UNR, Nyoman Sura Adi Tanaya menambahkan melalui ceramah Wasbang, maba akan mampu memaknai nilai-nilai moral yang terkandung di dalamnya. Bahkan melalui ceramah Wasbang juga tidak terlepas dari yang namanya pendidikan karakter. Maka itu, maba penting sekali diberikan ceramah Wasbang demi bisa memahami makna dari pada perjuangan itu sendiri.

"Pelaksanaan AKKI sebenarnya bagian Tri Dharma Perguruan Tinggi di UNR. Sebelum akan mengikuti perkuliahan di kampus seperti biasanya," tambahnya. (DN - Bdi)

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com