Peduli Kelestarian Laut, Tentara Bersama Pelindo III Dan Nelayan Tanam Terumbu Karang Serta Tebar Bibit Ikan - Dewata News

Breaking News

Home Top Ad

Gold Ads (1170 x 350)

9/4/19

Peduli Kelestarian Laut, Tentara Bersama Pelindo III Dan Nelayan Tanam Terumbu Karang Serta Tebar Bibit Ikan


Buleleng, Dewata News. Com - Kodam IX/Udayana melalui satuan jajarannya, dalam hal ini Kodim 1609/Buleleng bekerja sama dengan PT Pelindo III melaksanakan kegiatan penanaman rumah terumbu karang dengan tema "Serbuan Teritorial Kodam lX/Udayana Bersama Pelindo lll Di Wilayah Kodim 1609/Buleleng Peduli Kelestarian Alam TA.2019". 

Kegiatan terkait kepedulian terhadap alam utamanya untuk pelestarian wilayah laut tersebut dilaksanakan Rabu (04/09) bertempat di Dusun Yeh Biyu Kelod, Desa Patas, Kecamatan Gerokgak, Kabupeten Buleleng, 

Dandim 1609/Buleleng Letkol Inf Verdy De Irawan, S.H., M.Tr. (Han) dalam sambutannya mengatakan terumbu karang merupakan bagian dari ekosistem biota laut dan menjadi rumah bagi kawanan ikan.

Menurutnya kehadiran terumbu karang justru akan membawa ikan berdatangan sehingga para nelayan akan mendapat penghasilan yang cukup dan menjadi daya tarik tersendiri serta membuat para pendatang mengagumi keindahanya. 

Hampir 70 persen terumbu karang dihuni oleh berbagai jenis ikan dan didominasi oleh ikan kerapu yang memiliki daya jual tinggi.

 "Jadi para nelayan tidak harus melaut sampai ke tengah laut apabila terumbu karang tetap dijaga dan dilindungi", jelas Dandim.

Dirinya mengajak masyarakat nelayan yang hidup dari potensi yang diberikan oleh laut untuk dapat menjaga biota laut terumbu karang tersebut.

Sementara itu Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana, S.T., mengucapkan terima kasih kepada Kodim 1609/Buleleng yang sudah peduli dengan lingkungan.

Menurut Bupati kegiatan tersebut sangat positif dan menyangkut kehidupan serta kesejahteraan masyarakat Gerokgak.

"Hari ini kegiatan menanam terumbu karang di Desa Patas adalah untuk mengingatkan kepada kelompok nelayan bahwa kegiatan ini bukan untuk menanam saja, lebih dari itu adalah untuk menjaga terumbu karang yang berada di dasar laut dan penanaman ini untuk melestarikan lingkungan sampai dengan 10 tahun ke depan dan akan merasakan manfaatnya", ungkap Bupati Agus Suradnyana.

Bupati juga menyampaikan kepada Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Buleleng untuk membuat tata ruang kawasan kabupaten, karena hal itu sangat penting untuk menjaga kawasan ekonomi dan perkembangan zona terpadu. 

Bupati Buleleng juga menjanjikan siap mendukung dan membantu anggaran program kedepannya yang dibutuhkan, karena kegiatan sangat bermanfaat bagi Kabupaten Buleleng.

Rangkaian kegiatan penanaman terumbu karang tersebut ditandai dengan penyerahan secara simbolis terumbu karang dan bibit ikan kepada Ketua Kelompok Nelayan Sari Indah, Abhu Hasan oleh Bupati dan Dandim 1609/Buleleng didampingi General Manager Pelindo III Celukanbawang Rio Dwi Santoso.

Pada kesempatan tersebut Dandim 1609/Buleleng beserta tim berjumlah 4 orang penyelam melaksanakan penanaman terumbu karang dan melepas bibit ikan bantuan dari Pelindo lll.

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com