Api Porprov Bali Disulut Melaui Prosesi Ritual di Pura Luhur Batu Panes, Tabanan - Dewata News

Breaking News

Home Top Ad

Gold Ads (1170 x 350)

9/6/19

Api Porprov Bali Disulut Melaui Prosesi Ritual di Pura Luhur Batu Panes, Tabanan


Tabanan, Dewata News. Com - Api Porprop Bali ke -14 Kamis (05/09) disulut melalui prosesi ritual di Pura Kahyangan Jagat Luhur Batu Panes, Desa Adat Belulang,  Desa Mangesta Penebel Tabanan.

Prosesi penyulutan Api Porprop Bali dipimpin seorang sulinggih dibantu Jro Mangku Pura Luhur Batu Panes. Kelian Desa Adat Belulang I Nyoman Sudana menjelaskan, prosesi dimulai jam 07.00 Wita diawali dengan menghaturkan sesajen. 

Selanjutnya sarana berupa serabut kelapa dan bambu yang sudah dipasupati digesek berkali kali hingga memunculkan percikan api. Api Porprov Bsli tersebut selanjutnya disemayamkan dalam sebuah tempayan. 

Setelah para undangan mengikuti prosesi persembahyangan. Selanjutnya Api Porprov Bali disulut oleh Plt. Kadis Pemuda dan Olahraga Bali Made Rentin mewakili Gubernur Bali Wayan Koster didampingi Bupati Tabanan Eka Wiryastuti, Wabup Sanjaya,  Ketum KONI Bali Ketut Swandi dan undangan lainnya.  Selanjutnya Api Porprov Bali diserahkan kepada pasukan untuk dikirab menuju Jembrana.

Gubernur Bali diwakili Plt Kadis Pemuda dan Olahraha Bali, Made Rentin mengatakan olahraga Bali harus tetap maju. Pengambilan api Porprov Bali 2019 menandakan gema Porprov Bali mulai bergelora. 

Api suci Porprov Bali XIV - 2019 merupakan wujud semangat dan vibrasi kesucian dan semangat dari semua pihak yang terlibat. Selanjutnya api Porprov Bali akan dikirab ke kabupaten/kota di seluruh Bali. 

Acara penyulutan api Porprov Bali dihadiri Bupati dan Wakil Bupati Tabanan, Ketua Umum KONI Bali, para bupati/ walikota se Bali, Ketua KONI se Bali serta para undangan lainnya.

BASKET
Tim Bola Basket Buleleng 5 x 5 yang diperkuat De Rama, Bagas  dan kawan kawan pada babak semifinal, Kamis (05/09) di lapangan Basket Debes, Tabanan  harus mengakui keunggulan tim Badung dengan skor 0-4.  

Pada quarter pertama Buleleng ketinggalan 14-32 pada qurter kedua belum bisa bangkit dari ketertinggalan dengan skor 20-57, pada quarter ketiga 30-78 dan pada quarter penutup berkesudahan 48-100 sehingga  total skor 0-4 untuk Buleleng. 

Manajer tim, Gede Yudi Sutrisna mengakui keunggulan tim Badung, mengingat Badung hampir sebagian besar diperkuat pemain Pra PON. Bahkan satu pemainnya merupakan atlet Pelatnas. 

Atas kegagalannya itu, tim basket Buleleng akan memperebutkan medali perunggu melawan pemenang antara Tabanan dan Denpasar

BILIARD
Cabang olahraga billiard mulai memainkan pertandingan Kamis (05/09) di kawasan Tanah Lot. Pebiliard Putra Buleleng Gede Widiantara pada nomor Race  putra berhasil mengalahkan pebilliard tuan rumah Septiadi dengan skor  3-0

SEPAK TAKRAW
Tim sepak takraw putri Buleleng dengan kapten tim Ria sukses membalas kekalahan sebelumnya. GOR Dewarra  Kamis (05/09) menjadi saksi kemenangan tim Putri Buleleng dengan skor 2-1 pada nomor Quadran. 

Tim lainnya sukses menundukkan Jembrana dengan skor meyakinkan 2-0. 
Tim putra Quadran Buleleng mengikuti jejak tim putri. Suardana dan kawan-kawan menundukkan tim kota seni Gianyar dengan skor 2-0. 

Namun demikian tim sepak takraw putra Buleleng harus mengakui keunggulan Badung dengan skor 0-2. (DN - TiR)

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com