Unud Jadi Tuan Rumah PIMNAS ke-32, Libatkan 1614 Mahasiswa Se-Indonesia - Dewata News

Breaking News

Home Top Ad

Gold Ads (1170 x 350)

8/6/19

Unud Jadi Tuan Rumah PIMNAS ke-32, Libatkan 1614 Mahasiswa Se-Indonesia


Badung, Dewata News. Com - Sebanyak 1.614 mahasiwa dari 126 Perguruan Tinggi (PT) se-Indonesia yang terdiri dari 70 PT negeri dan 56 PT swasta akan menyambut Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke-32 tingkat nasional yang diselenggarakan mulai tanggal 27-31 Agustus 2019 di Universitas Udayana (Unud). 

"Kegiatan ilmiah ini merupakan program dari Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenrsitekdikti). Dimana Unud sendiri ditunjuk sebagai tuan rumah PIMNAS ke-32. Dari seluruh mahasiswa yang akan mengikuti PIMNAS ke-32, nantinya akan mempresentasikan 460 judul karya ilmiah yang akan dinilai oleh 71 orang juri," ujar Rektor Unud, Prof. Dr.dr.A.A Raka Sudewi, Sp.S (K) di Gedung Rektorat, Senin (5/8).
 
Lanjutnya, Unud sebagai tuan rumah telah mempersiapkan segala kebutuhan dengan maksimal mulai dari infrastruktur IT, ruang kelas presentasi, ruang lomba poster dan gelar produk PKM, akomodasi, penginapan, konsumsi, transportasi serta hal lainnya yang berkaitan dengan pelaksanaan kegiatan.  Unud pun siap memfasilitasi para peserta dengan disabilitas.

"Adapun tema PIMNAS ke-32 yakni mewujudkan mahasiswa Indonesia yang kreatif, inovatif, unggul, dan mandiri berlandaskan budaya nasional dalam bingkai kebhinekaan," terangnya.

Kemudian, pada pembukaan PIMNAS ke-32 akan digelar di Garuda Wisnu Kencana (GWK) Cultural Park Badung, Bali tanggal 27 Agustus 2019 dipastikan dibuka oleh Kemenrisetdikti langung. Bahkan acara pembukaan nanti akan diramaikan dengan pergelaran seni budaya bertajuk Satu Dalam Kebhinekaan. 

"Sementara untuk acara penutupan dan pengumuman juara rencananya akan digelar di Taman Budaya Art Centre Denpasar pada tanggal 30 Agustus 2019," ucapnya.

A.A Raka Sudewi juga mengatakan agenda utama dari PIMNAS ke-32 adalah presentasi Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang terdiri dari lima bidang diantaranya PKM Gagasan tertulis (PKM-GT), PKM Gagasan Futuristik Konstruktif (PKM-GFK), Lomba Poster dan Gelar Produk PKM.

Bahkan dalam PIMNAS ke-32 kali ini juga diisi dengan agenda ilmiah penunjang antara lain Studium General, Sarasehan Pimpinan Perguruan Tinggi Bidang Kemahasiswaan, Lomba PIMNAS Non-PKM, SMA Goes to Campus, Bazaar dan PKM Investment Summit, Keakraban dan Aksi Peduli Lingkungan serta Wisata Kota," imbuhnya.

Dijelaskan, terselenggaranya PIMNAS ke-32 adalah untuk menciptakan iklim ilmiah di kalangan mahasiswa sehingga tercipta mahasiswa Indonesia yang kreatif, inovatif, unggul, mandiri  berlandaskan budaya nasional dalam bingkai kebhinekaan.

"Judul penelitian dalam PIMNAS ke-32 kali ini dengan total 460 Judul atau 23 kelas diantaranya PKM Penelitian Eksakta 120 Judul atau 6 kelas, PKM Penelitian Sosial Humaniora 60 Judul  atau 3 kelas. 

Selanjutnya, PKM Penerapan Teknologi 40 Judul atau 2 kelas, PKM Pengabdian Kepada Masyarakat 60 Judul atau 3 Kelas, PKM Kewirausahaan 60 Judul  atau 3 Kelas, PKM Karsa Cipta 80 Judul  atau 4 kelas, PKM Gagasan tertulis 20 Judul atau 1 kelas dan PKM Gagasan Futuristik Konstruktif 20 Judul atau 1 Kelas," jelasnya.

Sembari menambahkan, PT yang lolos PIMNAS  ke-42 yakni PT Pulau jawa 72 PT, Bali dan Nusa Tenggara 7 PT, Sumatera 19 PT, Kalimantan 10 PT, Sulawesi 14 PT, Maluku dan Maluku Utara  2 PT dan Papua 2 PT. (DN - Bdi)

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com