Parade Beleganjur se-Kecamatan Tegallalang, Meriahkan HUT Kemerdekaan RI ke-74 - Dewata News

Breaking News

Home Top Ad

Gold Ads (1170 x 350)

8/14/19

Parade Beleganjur se-Kecamatan Tegallalang, Meriahkan HUT Kemerdekaan RI ke-74


Gianyar, Dewata News. Com - Meriahkan Hut Kemerdekaan RI  di Kecamatan Tegallalang. Gianyar, Parade Beleganjur melibatkan sekehe di masing-masing deaa digelar rutin setiap tahun. Seperti peringatan HUT RI Ke-74 tahun ini, (14/08) juga digelar kegiatan yang sama di Lapangan Umum Tegallalang.

Setidaknya 7 Kelompok Seni Baleganjur dari tujuh desa di kecamatan ini ikut serta membawakan tabuh Baleganjur. I Nyoman Darmawan, Camat Tegallalang, mengisi kemerdekaan kekinian tidak harus angkat senjata, namun bisa dimeriahkan dengan parade budaya.

Disamping menghibur, ini juga menjadi meriah ketika masing-masing kelompok bisa pentas bersama. Tidak hanya itu, ini juga menjadi bagian untuk membangkit seni di Kecamatan Tegallalang agar lebih merata.

Jika sebelumnya didominasi oleh banjar tertentu, dengan cara ini, semua banjar dimasing-masing desa akan berupaya bangkit dan melestarikan seni yang tersembunyi.

"Dulunya kan hanya didominasi banjar dan desa tertentu, sekarang mereka bisa berkreatifitas dan pentas bersama", ungkapnya.

Selain itu, dengan menggelar secara rutin kegiatan seperti ini, juga memberikan kesempatan generasi muda untuk berkreasi. Setidaknya seni tersembunyi "nyebun" masih digali untuk diketahui oleh masyarakat luas.

Disisi lain Camat Tegallalang yang akan pensiun desember tahun ini, juga mengajak semua pihak dibidangnta masing-masing untuk bersama membangun wilayah. (DN - CiN)

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com