Kirab Obor Hingga Baca Puisi Sambut HUT RI di Tegallalang - Dewata News

Breaking News

Home Top Ad

Gold Ads (1170 x 350)

8/16/19

Kirab Obor Hingga Baca Puisi Sambut HUT RI di Tegallalang


Gianyar, Dewata News. Com - Sehari menjelang detik-detik kemerdekaan RI,  ribuan siswa  SD,SMP, SMA, hingga Perguruan Tinggi di Tegallalang, Gianyar, Bali , haei ini (16/08) terlibat dalam kirab obor.

Seluruh peserta start bersama  menulusuri wilayah Tegallalang,  Lapangan Kuburan di Banjar Penusuan, sebelum akhirnya berkumpul kembali dan finish dilapangan kecamatan setempat.

Mereka tampak sangat menikmati  kemriahan peragaan HUT RI saat ini, dan seluruh menyelesaikan kirab ini  hingga dilokasi finish.

Selain kirab Obor, di tugu pahlawan setempat juga dilakukan tabur bunga yang diikuti oleh seluruh peserta
Kemeriahan dan semangat perayaan hut juga diisi dengan baca puisi bertemakan kemerdekaan.

Perwakilan peserta dari masing - masing sekolah pun, dengan berapi-apu membacakan puisi didepan seluruh undangan.

Diantaranya Ni Kadek Pita dan Ni Komang Juniawati, membaca di bawa puisi didepan masyarakat umum tidak mudah, namun dengan percaya diri membawakan untuk mengembangkan potensi dirinya, "semoga generasi muda bisa mengembangkan potensi karena bermanfaat agar mengingat jasa pahlawan terdahulu", ungkap siswa SMPN 3 Tegallalang ini.


Sedangkan Ni Komang Juniawati, siswa SMAN 1 Tegallalang, peringatan seperti harusnya bukan hanya dilakukan pelajar, tetapi semua pihak mesti diingatkan untuk menunjukkan rasa berbangsa.

Baginya membawakan puisi seperti saat menyambut HUT Kemerdekaan ini juga akan sangat bermakna bagi dirinya," saya membawakan puisi berjudul keringat kemerdekaan bermakna dimana pejuang para pahlawan terdahulu harus kita kenang oleh seluruh bangsa  dan bukan hanya pelajar saja", imbuhnya.

Disisi lain  Camat Tegallalang, I Nyoman Darmawan, S.sos, mengaku bangga generasi muda ikut berbagai acara HUT RI. Model ini bahkan harus ditanamkan sejak dini, menjadi generasi penerus bangsa.


Berbagai agenda selain Kirab Obor, sebelumnya juga diisi dengan Pengukuhan Pasukan Paskibra di Kecamatan Tegallalang, saat pengibaran bendera besok (17/08).

"Sebelum pawai obor kita isi dengan baca puisi, dari siswa , intinya didepan tugu pahlawan sebagai genetasi muda mereka benar-benar bisa menghayati jasa pahlawan bangsa, karena dibait puisi berisi makna menghormati jasa pejuang",  paparnya.

Berharap dengan cara ini seluruh peserta dapat memaknai arti perjuangan dan mengisinya dengan kegiatan positif. (DN - CiN)

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com