Danrem 163 Wira Satya : Generasi Millenial Harus Dibekali Semangat Nasionalisme - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

8/16/19

Danrem 163 Wira Satya : Generasi Millenial Harus Dibekali Semangat Nasionalisme


Denpasar, Dewata News. Com - Menjelang memperingati Hari Ulang Tahun Ke 74 Kemedekaan Republik Indonesia sangat identik untuk membangkitkan dan mengingatkan kita sebagai warga bangsa terkait gelora nasionalisme atau semangat kebangsaan, termasuk kepada Generasi Millenial.

Demikian dijelaskan Danrem 163/Wira Satya Kolonel Arh A.M. Suharyadi, S.I.P., M.Si., saat ditanya tanggapannya, terkait harapan nasionalisme bagi Generasi atau Kaum Millenial di era modern saat ini, Kamis (15/08) di Makorem setempat.

Danrem mengatakan mencermati era saat ini, Generasi Millenial menjadi topik yang cukup hangat dibicarakan di kalangan masyarakat, mulai dari segi pendidikan, teknologi maupun moral budaya.

Dijelaskan Danrem, Millenial atau kadang disebut Generasi Y adalah sekelompok orang yang lahir di kisaran tahun 1980-2000 an, dengan rentang usia saat ini antara 19-39 tahun. Generasi Millenial berbeda dengan ciri generasi sebelumnya apalagi terkait dengan kemajuan teknologi dan ilmu pengetahuan.

"Generasi Millenial sangat berbeda dengan generasi kita sebelumnya, mereka para Millenial sangat identik dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi modern", jelas Danrem

Dalam konteks nasionalisme, Danrem menggambarkan beberapa hal, diantaranya Generasi Millenial merupakan generasi bangsa dan pemegang estafet dalam mengelola negara dan masa depan bangsa. Generasi Millenial harus diberikan porsi dalam proses penyelenggaraan kehidupan berbangsa dan bernegara. Alasan historis mendasari bahwa Negara Indonesia adalah negara heterogen, plural dan majemuk. Dengan demikian nilai-nilai kebangsaan harus selalu berorientasi pada Empat Konsensus Dasar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara yaitu Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Serta bagi Generasi Millenials wajib dan harus dibekali tentang wawasan dan jiwa kebangsaan serta semangat nasionalisme yang tinggi sebagai pemegang estafet generasi bangsa.

Danrem juga mengungkapkan sisi lain yang bisa kita dapatkan dengan keberadaan Generasi Millenial yaitu menjadi keuntungan secara demografi atau disebut bonus demografi bagi Bangsa Indonesia, dimana dengan jumlah Generasi Millenial yang cukup banyak dengan kemampuan penguasaan   ilmu pengetahuan dan teknologi yang mumpuni dan bisa diarahkan serta dikendalikan maka akan bisa membawa masa depan dan kemajuan Bangsa Indonesia yang lebih baik.

"Catatan dari data statistik kependudukan Indonesia, menunjukkan bangsa kita memiliki keunggulan usia produktif atau bonus demografi, ini yang harus dimanfaatkan sebagai modal membangun dan memajukan bangsa, termasuk dari potensi Generasi Millenialnya", pungkas Danrem.

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com