Penilaian Terakhir Lomba DSL Sasar Desa Adat Sumberkima - Dewata News

Breaking News

Home Top Ad

Gold Ads (1170 x 350)

7/16/19

Penilaian Terakhir Lomba DSL Sasar Desa Adat Sumberkima


Buleleng, Dewata News. Com — Tim penilai Lomba Desa Sadar Lingkungan melaksanakan penilaian terakhir di Desa Adat Sumberkima duta Kecamatan Gerokgak. Setelah penilaian akan dilaksanakan rekapitulasi nilai untuk menentukan pemenang DSL.

Menampilkan seluruh potensi yang ada, Desa Adat Sumberkima tampil maksimal dihadapan tim saat dilaksanakan penilaian Desa Sadar Lingkungan (DSL), Desa Adat dan Lomba Subak Abian Senin (15/7/2019) siang. Tahun 2017 lalu Desa Sumberkima juga dipercaya mewakili Kecamatan Gerokgak pada penilaian yang sama sehingga untuk menghadapi penilaian di tahun 2019, mampu menutupi kekurangan di tahun sebelumnya untuk meraih terbaik di tahun ini.

Seperti diungkapkan Klian Adat desa setempat Ketut Kariasa, persiapan telah dilakukan jauh-jauh hari setelah ada informasi bahwa desanya menjadi duta kecamatan di beberapa lomba. Dengan keikutsertaan krama menyiapkan administrasi dan kepentingan lainnya, Ketut Kariasa optimis Desa Sumberkima diperhitungkan oleh tim penilai.

“Masyarakat antusias, karena lomba dalam satu paket ini sudah didengar sampai ke krama desa, sehingga krama desa betul-betul mendukung kegiatan lomba ini,” ucapnya.

Memang tujuan lomba bukan saja mencari yang terbaik, namun bagaimana output dari peserta  seusai penilaian dapat berguna dan tepat sasaran, khususnya Lomba DSL masyarakat tetap menjaga lingkungan bersih dan mampu mengelola sampah khususnya sampah rumah tangga dan sekaligus dapat mempraktekkan tiga R, memanfaatkan kembali, mengurangi dan mendaur ulang sampah produksi sendiri.

Seperti diungkapkan Wakil Bupati Buleleng, Nyoman Sutjidra saat menyampaikan sambutan sebelum dilaksanakannya penilaian lapangan, mengajak seluruh masyarakat khususnya krama desa Adat Sumberkima untuk tetap menjaga lingkungan dari hulu hingga hilir, agar tercipta lingkungan yang bersih bukan saja untuk kehidupan sekarang namun demi anak cucu kita kelak, terutama pengurangan sampah plastik.

Dengan berakhirnya penilaian di masing-masing desa adat wakil kecamatannya, kini tinggal menunggu rekapitulasi nilai untuk menentukan juara DSL tahun 2019. (DN ~ TiR).—

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com