Kadisdikpora Buleleng Tekankan Etika dan Tata Krama Peserta MPLS - Dewata News

Breaking News

Home Top Ad

Gold Ads (1170 x 350)

7/16/19

Kadisdikpora Buleleng Tekankan Etika dan Tata Krama Peserta MPLS


Buleleng, Dewata News. Com — Ratusan siswa baru jenjang SMP dan SD, Senin (15/7/2019) pagi berkumpul di Lapangan Upacara SMP Negeri 1 Singaraja untuk mengikuti upacara pembukaan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) tingkat SD dan SMP.

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah merupakan kegiatan untuk menjembatani peserta didik baru agar mampu mengenal berbagai kekhususan dari jenjang pendidikan barunya, berupa lingkungan fisik, lingkungan sosial dan cara belajar yang berbeda dengan lingkungan pendidikan sebelumnya.

Kadisdikpora Buleleng Gde Dharmaja, usai membuka kegiatan MPLS di SMP Negeri 1 Singaraja, mengungkapkan, MPLS merupakan kegiatan hari pertama masuk sekolah untuk mengenal program, sarana/prasarana sekolah, cara belajar, serta penanaman konsep pengenalan diri. Ia pun menghimbau kepada para penyelenggara MPLS agar tidak melakukan perploncoan seperti bullying atau berprilaku tidak menyenangkan bagi siswa baru.

”Tidak boleh ada yang namanya membully, melecehkan, disuruh pakai atribut yang macam-macam. Kalau dulu yang melaksanakan MPLS kan senior, kakak kelas ya, sekarang pak guru dengan tim-nya, sehingga lebih terkendali,” ungkapnya.

Gde Dharmaja menambahkan, pengenalan lingkungan sekolah wajib berisi kegiatan yang bermanfaat, edukatif, kreatif dan menyenangkan dalam proses adaptasi dengan lingkungan yang baru.

Sementara itu, Kepala SMP Negeri 1 Singaraja, Ni Putu Karnadhi mengungkapkan, dalam pelaksanaan MPLS di SMP Negeri 1 Singaraja, peserta didik baru diajak untuk mengenal lingkungan sekolah lewat visi misi serta mental disiplin.

”Jadi kita sudah sejak 2 tahun yang lalu, untuk kegiatan MPLS itu dipegang oleh guru. Di MPLS ini kita mulai memperkenalkan apa yang ada SMP 1 lewat visi misinya dan apa yang menjadi harapan dan target yang harus kita capai dalam melakoni pendidikan di SMP 1 Singaraja,” jelasnya.

Sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 18 Tahun 2016 tentang Pengenalan Lingkungan Sekolah bagi siswa baru, bertujuan untuk mengenali potensi diri siswa baru, membantu siswa baru beradaptasi dengan lingkungan sekolah dan sekitarnya, menumbuhkan motivasi, semangat dan cara belajar efektif sebagai siswa baru, serta menumbuhkan perilaku positif antara lain menghargai, menghormati keanekaragaman dan persatuan, kedisiplinan, hidup bersih dan sehat untuk mewujudkan siswa yang memiliki nilai integritas, etos kerja dan semangat gotong royong. (DN ~ TiR).—

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com