Pasar Umum Payangan Jadi Sasaran Bersih-Bersih Sampah Plastik - Dewata News

Breaking News

Home Top Ad

Gold Ads (1170 x 350)

6/21/19

Pasar Umum Payangan Jadi Sasaran Bersih-Bersih Sampah Plastik


Gianyar, Dewata News. Com - Gerakan Semesta Berencana Bali Resik Sampah Plastik yang diprakasai oleh Pemerintah Provinsi Bali yang merupakan tindak  lanjut dari implementasi Peraturan Gubernur Bali Nomor 97 Tahun 2018 tentanng Pembatasan Penggunaan Timbunan Sampah Plastik Sekali Pakai, semakin mendapat respon positif dari berbagai komponen masyarakat.

Seperti yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Gianyar termasuk melibatkan unsur TNI, Kepolisian, Aparatur Sipil Negara serta organisasi pemerhati lingkungan.

Kegiatan bersih-bersih sampah plastik kali ini  dilaksanakan di Pasar Umum Payangan, Jumat pagi (21/06).

Kodim 1616/Gianyar sebagai bagian yang terlibat berpartisipasi pada kegiatan kali ini   mendukung sepenuhnya bahu membahu bersama instansi terkait lainnya dan seluruh komponen masyarakat dari wilayah Gianyar.

Gerakan Semesta Berencana Bali Resik Sampah Plastik di Pasar Umum Payangan melibatkan  antara lain unsur TNI dari Kodim 1616/Gianyar beserta  Koramil Jajaran, Personel Yon Zipur 18/YKR,  Kepolisian Resor Gianyar beserta Polsek Jajaran,  Para Pegawai Negeri Sipil dan Aparatur Sipil Negara di lingkungan Pemerintah Kabupaten Gianyar, Organisasi Pemerhati Lingkungan Trash Hero dan Masyarakat Kecamatan Payangan

Asisten II Sekda Kabupaten Gianyar, I Made Suradnya dalam sambutannya mengatakan bahwa Gerakan Semesta  Berencana Bali Resik memprioritaskan pembersihan sampah plastik yang saat ini sulit terkontrol penggunaannya karena sampah plastik  tersebut sangat  sulit diolah oleh mikro organisme sehingga dapat mengakibatkan pencemaran lingkungan.

Lanjutnya Pemerintah Kabupaten Gianyar berkomitmen untuk mensukseskan program Gubernur Bali untuk meminimalisir penggunaan plastik oleh masyarakat.

Sementara itu Danramil 1616-07/Payangan Kapten Inf I Wayan Sumerta seijin Dandim 1616/Gianyar Letkol Kav Asep Noer Rokhmat saat ditemui pada kegiatan tersebut mengatakan, intensitas penggunaan kantong plastik sangat tinggi saat ini terutama pada fasilitas umum seperti pasar sehingga perlu dilakukan sosialisasi secara terus menerus kepada masyarakat dengan harapan tumbuh kesadaran untuk tidak menggunakan kantong plastik berlebihan bila berbelanja ke pasar.

"Kami siap membantu dan mensukseskan program Gerakan Semesta Berencana Bali Resik Sampah Plastik yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Gianyar karena ini sejalan dengan perintah dari pimpinan kami untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan dari masalah sampah khususnya lagi sampah plastik", ujar Danramil Payangan.

Ke depannya program seperti ini harus terus dibudayakan sehingga siapapun kita termasuk masyarakat akan memiliki kesadaran untuk mengelola dan mengolah sampah secara bijak terlebih sampah plastik yang dapat berdampak kurang baik terhadap lingkungan jika dibiarkan sembarangan.

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com