Tingkatkan Kepedulian Lingkungan, DLH Buleleng Gandeng Desa Pakraman - Dewata News

Breaking News

Home Top Ad

Gold Ads (1170 x 350)

5/8/19

Tingkatkan Kepedulian Lingkungan, DLH Buleleng Gandeng Desa Pakraman


Buleleng, Dewata News. Com - Desa Tunjung sebagai "duta" Kecamatan Kubutambahan, dibina Tim Desa Sadar Lingkungan Kabupaten Buleleng. Pembinaan yang dilaksanakan pada hari Selasa siang (07/05) itu dipimpin Kepala Bidang Penataan dan Peningkatan Kapasitas Lingkungan, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Buleleng, Nyoman Sarjana.

Kegiatan pembinaan Desa Sadar Lingkungan (DSL) menyasar Desa Tunjung yang diselenggarakan untuk meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap lingkungan, khususnya pencemaran sampah melalui desa pakraman.

"Diselenggarakannya evaluasi Desa Sadar Lingkungan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap kebersihan lingkungan, mengingat sampah khususnya sampah plastik telah menjadi permasalahan dimana-mana", ujar Sarjana.

Kepala Bidang Penataan dan Peningkatan Kapasitas Lingkungan, Nyoman Sarjana mengatakan, melalui kegiatan yang rutin diselenggarakan oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) menggandeng beberapa instansi diharapkan mampu menambah kepedulian warga.

Dikatakan, ada empat asas penekanan dalam kegiatan tersebut, meliputi pendekatan manfaat, pendekatan kemitraan, pendekatan kelompok dan pendekatan  budaya.

“Komitmen untuk melaksanakan apa yang menjadi peraturan perundangan, apa yang menjadi kebutuhan kita, yang sering saya sebut dengan hati nurani. Ada aturan, ada sarana prasarana, kalau tidak punya hati untuk melakukan itu, niscaya apa yang menjadi tujuan dari desa sadar lingkungan itu, tidak akan tercapai," imbuhnya.

Kelian Desa Pakraman Tunjung, Gede Rana mengungkapkan, berbicara masalah kebersihan dan keasrian lingkungan pada umumnya telah mengacu pada perarem, sehingga masyarakat sangat taat untuk menjaga lingkungannya. 

"Khusus untuk mengelola sampah plastik di desa setempat, warga melakukannya secara swadaya", jelas Gede Rana.

Evaluasi Desa Sadar Lingkungan diawali dengan kegiatan pembinaan menyasar  seluruh desa wakil dari masing-masing kecamatan. (DN - TiR).--

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com