Kementerian PANRB Terapkan SP4N Untuk Mempermudah Laporan Masyarakat Gianyar - Dewata News

Breaking News

Home Top Ad

Gold Ads (1170 x 250)

5/21/19

Kementerian PANRB Terapkan SP4N Untuk Mempermudah Laporan Masyarakat Gianyar


Gianyar, Dewata News. Com - Mensosialisasikan dan memberikan bimbingan teknis (Bimtek) terkait Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) – Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR), Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Gianyar menyelenggarakan bimtek SP4N –LAPOR di Rumah Luwih Beach Resort Bali, Selasa, (21/5). Bimtek sehari dengan narasumber, Aris Samson, S,Sos dari Kemenpan & RB tersebut dibuka secara resmi Asisten Administrasi Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setdakab Gianyar, I Wayan Suardana.

Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Gianyar, I Gede Daging dalam laporannya mengatakan, SP4N-LAPOR adalah layanan penyampaian semua aspirasi dan pengaduan masyarakat Indonesia yang dikelola Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan & RB) sebagai Pembina Pelayanan Publik serta Kantor Staf Presiden sebagai Pengawas Program Prioritas Nasional dan Ombudsman Republik Indonesia sebagai Pengawas Pelayanan Publik.

Dikatakan Daging, LAPOR telah ditetapkan sebagai Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 76 Tahun 2013 dan Perarturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 3 Tahun 2015.

“Peserta Bimtek ini terdiri dari 85 orang yang berasal dari seluruh OPD dan BUMD di Kabupaten Gianyar,” imbuh Daging.

Asisten Administrasi Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setdakab Gianyar, I Wayan Suardana mengatakan, berkembangnya teknologi informasi dan semakin meluasnya keterbukaan publik yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Gianyar, mengakibatkan keterlibatan masyarakat dalam pembangunan juga semakin meningkat. Bersamaan dengan itu, muncul kebutuhan baru bagi masyarakat yakni berupa penyaluran aspirasi masyarakat.

“SP4N-LAPOR yang diluncurkan Pemerintah Pusat menjadi harapan kami di daerah untuk mendukung kebutuhan masyarakat tersebut,” kata Suardana.

Ditambahkan Suardana, saluran pengaduan ini akan meningkatkan partisipasi masyarakat sebagai bentuk pengawasan konstruktif dan upaya membangun kepercayaan masyarakat sehingga pelayanan publik berkualitas dan berkeadilan. Hal ini juga sesuai dengan visi misi Kabupaten Gianyar yakni, Mewujudkan Masyarakat Gianyar yang Bahagia, Sejahtera, Aman dan Damai, Mandiri, Berintegritas Berlandaskan Tri Hita Karana melalui Pola Pembangunan Nasional Semesta Berencana.

“Setelah Bimtek ini, semua OPD dan BUMD harus selalu memperhatikan laporan dan pengaduan masyarakat yang muncul pada aplikasi SP4N-LAPOR dan segera menanggapinya,” tegas Suardana. (DN - CiN)

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com