FT UNR Gelar Seminar Akademik Bertemakan Menggugah Semangat Penelitian Dosen dan Mahasiswa - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

5/14/19

FT UNR Gelar Seminar Akademik Bertemakan Menggugah Semangat Penelitian Dosen dan Mahasiswa


Denapsar, Dewata News. Com - Fakultas Teknik (FT) Universitas Ngurah Rai (UNR) Denpasar baru-baru ini, pada Jumat (10/5) lalu sempat mengadakan seminar akademik dari hasil penelitian dosen dan sosialisasi PP No. 25/2019 tentang Keinsinyuran di Auditorium UNR Denpasar. 

Acara seminar  akademik diikuti sebanyak 197 orang mahasiswa yang terdiri dari Program Studi (Prodi) Teknik Sipil dan Prodi Teknik Arsitektur serta didukung oleh 24 orang dosen dari kedua Prodi. 

Dekan FT UNR, Ir. I Gusti Made Sudika, MT, Selasa (14/5) mengatakan seminar akademik hasil penelitian dosen yang sudah dilaksanakan tersebut merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahun untuk mengugah semangat mahasiswa dan dosen dalam melakukan penelitian sebagai bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi. 

"Khusus untuk tahun 2019 ini, menjadi sangat special karena bertepatan dengan Dies Natalis XL dan Lustrum VIII UNR yang jatuh pada tanggal 23 Mei 2019 mendatang," terangnya.

Gusti Made Sudika menjelaskan, para pembicara di seminar akademik adalah dosen-dosen yang terpilih melalui seleksi sebelumnya. Seleksi yang dimaksud terutama mengenai kesiapan judul dan isi karya ilmiahnya. Dengan pengutamaan judul yang memiliki nilai kebaruan di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi masing-masing. 

"Sehingga terpilihlah 1 orang dosen di setiap  Prodi yaitu I Made Kariyana, ST., MT dari Prodi Teknik Sipil dan Ayu Putu Utari Parthami Lestari, ST., MT dari Prodi Teknik Arsitektur," jelasnya.

Kemudian, Gusti Made Sudika juga menyampaikan bahwa seminar akademik ini harus menjadi batu lompatan bagi insan akademis di kalangan FT UNR untuk lebih percaya diri dalam mempublikasikan hasil penelitiannya di kancah yang lebih luas lagi. 

"Pada acara seminar akademik FT UNR juga dirangkaikan dengan sosialisasi mengenai Peraturan Pemerintah (PP) mengenai gelar profesi Insinyur yang dapat ditempuh secara formal setelah lulus sebagai Sarjana Teknik (ST)," imbuhnya.

Lanjut Gusti Made Sudika, setiap materi yang disampaikan pada acara seminar akademik semuanya dibawakan oleh Ir. I Ketut Soriarta, ST., M.Si yang merupakan tenaga pendidik di FT UNR dengan moderator saat itu adalah I Gusti Ngurah Eka Partama, ST., M.Si.  Sebenarnya 
Ketut Soriarta ini sudah terlebih dahulu menyelesaikan kependidikan di FT UNR. 

Sementara dari pesan yang disampaikan oleh Rektor UNR, Dr. Drs. Nyoman Sura Adi Tanaya, M.Si adalah bagaimana mengapresiasi kegiatan yang sudah dilakukan FT UNR dengan tidak lupa pada skala kegiatan yang diselenggarakan agar bisa meningkat di kemudian hari. 

Bahkan, Rektor juga mendorong  para dosen dan mahasiswa untuk terus menerus meningkatkan kualitas kemampuan akademik mereka seperti rajin melakukan penelitian, pengabdian masyarakat dan mempublikasikannya di ruang-ruang yang tersedia. 

"Selain tetap melakukan perkuliahan di kampus. Rektor juga mengingatkan agar mahasiswa teknik dapat lulus tepat waktu agar dapat langsung membangun di masyarakat. Karena lulusan FT UNR sudah terkenal memiliki kemampuan yang yang baik dan siap langsung bekerja," pungkasnya.

Ditambahkan, adapun narasumber I Made Kariyana, ST., MT saat itu adalah bisa mempresentasikan hasil penelitiannya mengenai Desain Lahan Parkir di Desa Kaba-Kaba Kecamatan Kediri, Kabupaten Tabanan-Bali. 

Sedangkan dari narasumber lainya juga ada yang mampu membawakan hasil penelitian mengenai Desain Arsitektur Naungan bagi Pengungsi Gunung Agung di Bali dan juga mampu mensosialisasi UU. NO. 11 / 2014 Tentang Keinsinyuran. 

Menurut Dekan FT UNR, kegiatan ini adalah sebagai bentuk langkah awal dalam bersinergi antara civitas akademika menuju masa depan FT UNR yang lebih baik sesuai dengan visi dan misinya. Dengan kata kunci Unggul dan Berdaya Saing. Untuk itu saya mengajak generasi muda untuk bergabung dengan FT UNR melalui kuliah pada Prodi Teknik Sipil dan Prodi Arsitektur yang mana kedua Prodi tersebut telah terakreditasi B oleh BAN-PT. 

Pada tahun akademik 2019/2020 FT-UNR kembali membuka penerimaan mahasiswa baru. Untuk mendapatkan informasi terkait hal tersebut, bisa menghubungi sekretariat FT-UNR di (0361) 467533, 462617 atau website http://www.ft.unr.ac.id. Pendaftaran secara online bisa lewat laman:  WWW.unr.ac.id/id/spmb, sampai dengan 29 Agustus 2019. (DN - Bdi)

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com