Lewat UNBK, SMP Negeri 7 Denpasar Ukur Kemampuan Siswa - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

4/25/19

Lewat UNBK, SMP Negeri 7 Denpasar Ukur Kemampuan Siswa


Denpasar, Dewata News. Com - SMP Negeri 7 Denpasar pada hari terakhir pelaksananan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dirasakan berjalan dengan baik. Sebanyak 3 ruangan kelas dan 120 komputer disedikan untuk UNBK disiapkan dengan jumlah siswa yang mengikuti ujian sebanyak 366 orang siswa. Hal tersebut diutarakan oleh Kepala SMP Negeri 7 Denpasar, Titik Wahyani, Kamis (25/4) di Denpasar.

Dikatakan, pelaksanaan UNBK tetap digelar setiap tahunnya sebelum menjelang  Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB). Sekalipun pelaksanaan UNBK nilai siswa mengalami penurunan, pastinya kami dari pihak sekolah tetap memberikan semangat kepada para siswa. 

"Karena melalui UNBK ini akan bisa merubah mensed atau pola pikir siswa yang awalnya ragu menjadi berani, dan yang kurang memahami bisa menjadi pahan. UNBK Ini juga bagian dari evaluasi untuk bisa mengetahui sejauh mana kemampuan siswa selama ini dalam menerima pelajaran yang diberikan oleh gurunya," terangnya.

Lanjut Tutik Wahyani, mulai dari awal persiapan, hingga pelaksana UNBK di SMP Negeri 7 Denpasar, pihak sekolah terus memantau perkembangan siswa. Bahkan soal-soal ujian yang menjadi acuan pelaksanan UNBK terus dibahas dengan maksud agar para siswa saat mengikuti UNBK tidak terbebani dalam setiap menjawab soal yang ada.

"Bahkan dari Pemerintah Kota Denpasar sendiri juga sudah melakukan sosialisasi terkait UNBK. Dimana saran Pemkot Denpasar saat adalah bagi siswa yang masih kurang dalam penguasaan materi untuk diberikan pendampingan khusus. Hal itu sudah dilakukan oleh pihak sekolah," ucapnya.

Titik Wahyani juga berharap, UNBK tahun ini, SMP Negeri 7 Denpasar bisa kembali mendapatkan peringkat 5 besar, sebab bisa masuk peringkat 5 besar bisa meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan di SMP 7 Denpasar.

"Selama pelaksanaan UNBK, ada empat mata pelajaran yang di ujikan seperti Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggir, dan IPA. Sebenarnya dari mata pelajaran yang di ujikan tentunya semua siswa sudah memahami betul materinya. Hanya saja, kembali kepada diri si siswa terkait sejauh mana penguasaan materinya," imbuhnya.

Ditambahkan, memasuki era digital tentu pemahaman siswa akan dunia internet harus banyak. Maka itu, lewat UNBK ini bisa menjadikan siswa lebih paham. Paling tidak siswa SMP Negeri 7 Denpasar bisa terjun langsung dan bisa langsung menguasai dunia digital seperti komputer yang digunakan sebagai sarana untuk pelaksanaan UNBK. 

"Jadi pada intinya, pelaksanan UNBK bisa mengukur kemampuan materi anak didik yang di pelajari selama di bangku sekolah. Apalagi mengikuti  UNBK juga salah satu syarat  kelulusan yang wajib untuk diikuti. (DN - Bdi)

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com