Tumpek Kandang, Warga Mohonkan Hewan Peliharaan Berkembang Sehat - Dewata News

Breaking News

Home Top Ad

Gold Ads (1170 x 250)

3/16/19

Tumpek Kandang, Warga Mohonkan Hewan Peliharaan Berkembang Sehat


Gianyar, Dewata News. Com - Hari ini, Sabtu (15/03) bertepatan dengan Tumpek Kandang, seluruh hewan peliharaan  seperti Babi, Sapi, Ayam, Itik dan berbagai jenis ternak lainnya, dihaturkan sesajen. Upacara bentuk syukur dan penghormatan untuk seluruh hewan peliharaan telah menjadi sumber rejeki bagi pemiliknya.NDi wilayah Gianyar ini dilakukan dengan menggelar upacara khusus diawali dengan ritual ngebekan.

Seperti di Pura Hyang Api, Desa Kelusa, Kecamatan Payangan,  sejak pagi warga setempat sudah menggelar sesajen untuk upacara Tumpek Kandang. Bahkan setiap kali digelar upacara ini, umat dari seluruh Bali juga ikut melakukan persembahyangan ke Pura yang kerap dijadikan warga untuk memohon keselamatan hewan peliharaannya.

Dari Pura ini, selesai melakukan persembahyangan disediakan dua jenis tirta atau air suci yang diberikan kepada pemedek yang sudah dibungkus kantong plastik.

Satu tirta khusus untuk umat sedarma. sedangkan satu tirta lainnya khusus dipercikkan untuk hewan peliharaan. Warga meyakini dengan percikan air suci ini, hewan peliharaan akan berkembang dan hidup sehat.

Bendesa Pakraman Kelusa, I Nyoman Suarka, memohon air suci atau tirta ini selalu dilakukan warga setiap kali melakukan persembahyang ke Pura Hyang Api, " usai sembahyang umat selalu memohon tirta suci yang akan dipercikkan untuk hewan peliharaan", katanya. Sementara Piodalan di Pura Hyang Api, dimulai hari ini dan akan berlangsung hingga rabu pekan mendatang. (DN - CiN)

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com