Tingkat Partisipatif Pemilu Serentak 2019 Diharapkan Capai 80% - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

3/14/19

Tingkat Partisipatif Pemilu Serentak 2019 Diharapkan Capai 80%


Buleleng, Dewata News. Com — Ketua Bawaslu Buleleng, Putu Sugi Ardana, SH, MH mengatakan, bahwa partisipasi masyarakat adalah hak setiap warga Negara untuk memilih Presiden dan Wakil Presiden, serta Anggota Legislatif untuk 5 tahun mendatang. 

”Menyikapi hal ini, telah dilakukan upaya sosialisasi, baik di masyarakat ataupun di tingkat sekolah, mengingat tak lama lagi Pemilu Serentak 2019 akan berlangsung,” ungkap Putu Sugi Ardana sebagai salah seorang narasumber pada Forum Group Discussion (FGD) yang digelar Badan Kesbangpol Kabupaten Buleleng di salah satu hotel kawasan Banyualit, Lovina, Rabu (13/03).

Sugi Ardana menambahkan, masyarakat Buleleng diharapkan dapat menyalurkan aspirasinya secara sadar dan hadir ke TPS tanpa adanya tekanan. ”Sebagaimana sebuah Pemilihan Umum menganut asas jujur, adil, bebas dan rahasia, sehingga timbul inisiatif dari masyarakat itu sendiri,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua KPU Provinsi Bali I Dewa Agung Gede Lidartawan, S.TP, M.P  ditemui usai FGD menjelaskan pada Pemilihan Gubernur sebelumnya di Buleleng, nilai partisipasi mencapai 58,6% dan mempunyai angka golput 41,4%. 

”Untuk itu, usai Pemilu April 2019 mendatang, saya minta kepada KPU Kabupaten Buleleng untuk mengadakan evaluasi terhadap nilai partisipasi di Pilgub lalu”, jelas Dewa Agung Lidartawan.

Dewa menilai, bahwa data pemilih Buleleng sudah baik, KPU Provinsi Bali dan KPU Kabupaten Buleleng serta seluruh relasi telah menyasar seluruh segmen untuk bekerjasama meningkatkan angka partisipasi. ”Dengan demikian, diharapkan pada Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden serta Anggota Legislatif tahun 2019 ini, angka partisipasi dapat capai 80% atau bahkan lebih”, jelas Dewa berharap.

Pelaksana Tugas Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Buleleng Drs.Komang Sumertajaya menekankan, melalui gelaran Forum Group Discussion (FGD) diharapkan terjadi peningkatan pada angka partisipatif masyarakat Buleleng hingga 80% atau bahkan lebih. 

”Tahun ini merupakan tahun politik, dimana dua agenda besar akan diselenggarakan yaitu pemilihan Presiden dan Wakil Presiden serta Pemilihan Anggota Legislatif. Melalui forum ini merupakan hal strategis, dapat menghubungkan antara sesama Partai Politik, Organisasi Masyarakat, Pemerintah dan Masyarakat dalam upaya meningkatakan partisipasi dalam Pemilu April mendatang”, jelas mantan Camat Kubutambahan ini. (DN ~ TiR).—

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com