KWT dan UKM Buleleng Akan Ekspansi Pasar - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

3/16/19

KWT dan UKM Buleleng Akan Ekspansi Pasar


Buleleng, Dewata News. Com — Pemerintah Kabupaten Buleleng di awal tahun 2019 ini melakukan berbagai upaya  untuk menunjang perekonomian masyarakat. Salah satunya, mengajak para Kelompok Wanita Tani (KWT) dan pelaku Usaha Kecil  Menengah (UKM)  melakukan ekspansi pasar keluar Buleleng. 

”Upaya tersebut dilakukan untuk mendapat skala pameran yang lebih luas lagi, sehingga para pelaku UKM dan KWT mampu memperkenalkan pruduk hasil kerajinan maupun hasil olahan pangan lokal Buleleng bagi masyarakat luas”, kata Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana, ST usai menghadiri kegiatan Pasar Pangan Lokal yang dirangkai dengan Apel Krida di pelataran eks Pelabuhan Buleleng, Jumat (15/03).

Menurut Bupati PAS, ke depannya perlu dibikin pameran seperti ini di lapangan Renon Denpasar,  kalau bisa tiga bulan sekali diadakan pameran dengan mengajak para KWT dan pelaku UKM yang ada di Kabupaten Buleleng.

Bupati PAS meminta kepada Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Buleleng, agar menyediakan tempat yang lebih representatif bagi para KWT dan pelaku UKM. ”Pasang di APBD dan nanti undang dia (pedagang) untuk berjualan di Denpasar dan mencari pasar yang lebih besar”, pintanya.

Menurutnya, hal yang paling penting dalam mingkatkan ekonomi masyarakat melalui UKM maupun KWT adalah meningkatkan kualitas produk yang dihasilkan. Salah satunya, mereka (pengerajin) agar lebih berinovasi dan lebih kekinian dalam membuat produk yang dihasilkan sehingga tidak ada istilah ketinggalan jaman 

”Memang harus ada tempat pameran yang lebih luas skalanya, dan yang paling menentukan daya belinya “ ujar Bupati PASu.

Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan (Ketapang) Kabupaten Buleleng Drh. Nyoman Surya Temaja, MP mengatakan, sesuai dengan arahan dari Bupati Buleleng kedepannya dinas Ketapang agar mampu melakukan ekspansi pasar. Ekspansi dimaksud dengan melibatkan para KWT dan UKM yang ada di Kabupaten Buleleng untuk menjajakan hasil kerajinannya di Denpasar. ”Di tahun anggaran baru supaya dirancang setiap tiga bulan sekali melakukan pameran pasar lokal dan industri UKM di Denpasar”, katanya.

Dijelaskan Surya Temaja, pasar pangan lokal tahun 2019 sedikit berbeda dari tahun sebelumnya, karena di tahun ini tidak hanya menjajakan hasil olahan pangan saja, namun juga disajikan hasil kerajinan tangan dari para UKM, seperti sokasi, keben, dan asesoris serta masih banyak lagi produk UKM lainnya, sehingga tidak ada kesan monoton pada pasar pangan lokal yang di gelar. 

”Sekarang Lapas kelas II B juga ikut, ada juga dari Wirausaha Muda Singaraja, kumudian dari SMKN 1 Sawan, mereka berinteraksi dengan kami untuk varian pameran lebih banyak dan lebih bervariatif sesuai arahan dan petunjuk dari Bapak Bupati”, imbuhnya. (DN ~ TiR).—

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com