Terima Hibah, Lahan Eks BPU Akan Dijadikan RTH Tematik - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

2/15/19

Terima Hibah, Lahan Eks BPU Akan Dijadikan RTH Tematik


Buleleng, Dewata News. Com — Lahan eks bangunan gedung Bank Perniagaan Umum (BPU) yang terletak di simkpang tiga Jalan Gajah Mada – Letkol Wisnu, tepatnya di sebelah timur Gedung Telkom Singaraja, akhirnya dihibahkan kepada Pemerintah Kabupaten Buleleng.

Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana, ST mengungkapkan, bahwa lahan tersebut nantinya akan dijadikan Ruang Terbuka Hijau (RTH) ”Tematik” yang didalamnya terdapat taman baca.

”Kami sangat mengapresiasi Badan Keuangan Daerah (BKD), khususnya bagian aset, karena penataan aset di Pemkab Buleleng dinilai sudah berjalan dengan sangat baik seiring dengan keinginan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Republik Indonesia untuk transparansi dalam pengelolaan aset daerah. Salah satunya aset lahan yang murni permohonan dari BKD”, ujar Bupati PAS menilai kinerja Bidang Aset BKD Buleleng ketika ditemui disela-sela meninjau lahan eks bangunan gedung BPU di Singaraja, Jumat (15/02) pagi.

Menurut Bupati PAS, krena bangunan ini terlantar akhirnya dimohon dan sekarang diberikan kepada Pemkab Buleleng, tetapi harus dipakai untuk taman.

Mantan Anggota DPRD Bali asal Desa Banyuatis, Kecamatan Banjar, Buleleng ini mengatakan, lahan seluas 10 are ini tempatnya sangat strategis dan nantinya akan dirubah menjadi taman hijau yang didalamnya disediakan taman baca.

”Disekelilingnya taman, tetapi bangunan induk yang dulunya dipakai gedung itu kami jadikan sebagai salah satu warisan dalam bentuk cagar budaya yang memang ini adalah peninggalan jaman kolonial dan kami akan jaga ini”, ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Aset Badan Keuangan Daerah (BKD) Kabupaten Buleleng Made Pasda Gunawan, S.Sos menjelaskan setelah melalui berbagai tahapan proses, akhirnya disepakati bahwa hibah lahan eks. lahan gedung kantor BPU ini diberikan kepada Pemkab Buleleng dan administrasinya akan dilakukan segera.

Menurut mantan staf Bagian Humas & Protokol Setda Buleleng ini, BKD Buleleng sangat mendukung keberadaan instansi vertical, karena hal ini merupakan aset kekayaan negara. ”Saat ini kami sudah mendapatkan ijin dari Departemen Keuangan untuk melaksanakan kegiatan pembersihan di gedung ini,”, imbuhnya.

Kegiatan bersih-bersih jajaran karyawan BKD Kabupaten Buleleng yang dihadiri oleh Bupati PAS serta Ass.II Setda Buleleng Ni Made Rousmini ini menunjukkan, bahwa keseriusan Pemkab Buleleng untuk menata wajah Kota Singaraja.

Dari proyeksi Made Pasda yang putra kedua Made Pastika yang mantan Kadispenda Buleleng ini disebutkan, akan mengembangkan ruang terbuka hijau dengan konsep ”tematik”, karena mendukung keberadaan  Kabupaten Buleleng sebagai kota pelajar.

”Kami sudah berkoordinasi dengan Dinas Perkimta Kabupaten Buleleng untuk teknis pengerjaan, setelah nantinya aset diberikan oleh Kementrian Keuangan RI, kami akan serahkan kepada Dinas Perkimta Kabupaten Buleleng dan sudah disiapkan anggarannya”, jelas Made Pasda. (DN ~ TiR).—

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com