Setelah Busungbiu, Giliran Kecamatan Banjar Gelar Musrenbang - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

2/14/19

Setelah Busungbiu, Giliran Kecamatan Banjar Gelar Musrenbang


Buleleng, Dewata News. Com — Setelah Kecamatan Busungbiu yang dipimpin Camat ”anyar” I Gede Putra Aryana, S.Sos. MAP tuntas menyelenggarakan Musrenbang, kini giliran gelaran Musrenbang Kecamatan Banjar di Wantilan Desa Banjar, Kamis (14/02).

Berbagai usulan dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan Kecamatan Banjar tahun 2019 yang disampaikan kepala desa, terutama menyangkut pemberdayaan masyarakat menjadi usulan yang mayoritas untuk mendapat pembahasan.

Camat Banjar, Ketut Darmawan, SmSp  menjelaskan, usulan fisik maupun non fisik tetap diusulkan oleh desa. Namun pada saat ini, lebih banyak diusulkan dalam bidang pemberdayaan masyarakat. 

”Banyak penyelenggaraan pelatihan-pelatihan yang diusulkan pihak desa kepada masing-masing satuan kerja perangkat daerah (SKPD), sehingga bisa mewujudkan usaha rumah tangga. Dengan demikian, ibu-ibu beserta kelompoknya bisa membantu keluarga agar tercapai kesejahteraan. Hal seperti ini banyak diusulkan oleh ibu-ibu PKK”, jelasnya.

Selain pemberdayaan masyarakat, menurut Camat Darmawan, masih juga terdapat beberapa usulan fisik dari para kepala desa. Usulan fisik tersebut, seperti pengaspalan jalan. 

Pengaspalan jalan yang menjadi usulan, kata camat, seperti jalan Cempaga-Corot. Diharapkan usulan pengaspalan jalan tersebut bisa masuk, agar hasil pertanian dari Cempaga yang melewati Corot bisa didistribusikan ke pasar ataupun para pedagang. “Distribusi hasil pertanian agar lebih lancar”, ujar Darmawan.


Camat Darmawan pun menyebutkan ada pola yang sedikit berbeda pada Musrenbang tahun ini. Seperti tahun-tahun sebelumnya, para kepala desa banyak membawa usulan, namun pada tahun ini paling banyak dua  atau tiga usulan pada masing-masing bidang. Hal tersebut dikarenakan tim dari kecamatan sudah turun sebelumnya ke desa-desa. “Untuk mencari dan memverifikasi skala prioritas dalam rangka pembangunan tahun 2020”, jelasnya.

Sementara itu, Asisten Bidang Administrasi Umum Setda Kabupaten Buleleng  Drs. Gede Suyasa,M.Pd  mewakili Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana,ST menyampaikan  pada pembahasan musrenbang kecamatan ini sebagai upaya penjaringan usulan dari masing-masing desa agar dapat terakomodir sebagai bentuk aspirasi dari masyarakat. 

”Kami berharap hasil Musrenbang kecamatan ini bisa menghasilkan suatu usulan program yang bisa dilaksanakan dan berdampak pada percepatan perekonomian maupun target-target dan manfaat dari pembangunan itu sendiri”, kata mantan Kadisdikpora Kabupaten Buleleng ini. (DN ~  TiR).—

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com