Dekranasda Buleleng Dorong Pengembangan Produk Kerajinan Lokal - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

2/13/19

Dekranasda Buleleng Dorong Pengembangan Produk Kerajinan Lokal


Buleleng, Dewata News. Com — Dewan Kerajinan Nasional (Dekranasda) Kabupaten Buleleng dengan Ketua Ir. I Gusti Ayu Aries Sujati beserta jajarannya melaksanakan monitoring dan evaluasi terhadap para pengerajin yang ada di Kabupaten Buleleng, yang berakhir di Desa Lemukih, Desa Sawan dan Desa Menyali, Kecamatan Sawan.

Sebelumnya tim monitoring dan evaluasi di Desa Tigawasa, Cempaga, Pedawa, Kecamatan Banjar, Desa Ringdikit, Kecamatan Seririt serta Desa Baktiseraga, Desa Pengelatan, Kecamatan Buleleng dan terakhir Lemukih, Sawan, Menyali dan terakhir desa Menyali. Rabu 13 Pebruari 2019.

Gusti Ayu Aries Sujati yang pada pesta Pemilu Serentak maju menjadi Caleg DPRD Bali Dapil Buleleng dari PDI Perjuangan ini menjelaskan, semangat dan kerja keras Dekranasda Kabupaten Buleleng merupakan upaya untuk mengentaskan kemiskinan melalui pemberdayaan sumberdaya manusia, dengan cara memberikan gebrakan terhadap usaha produk kerajinan lokal yang ada di wilayah Buleleng. Selain itu juga, memberikan pembinaan, pengawasan maupun penerbitan ijin.

Tidak hanya itu, jelas Mas Aries Sujati, Dekranasda Buleleng juga melakukan monitoring dan evaluasi  terhadap pengerajin, terkait adanya berbagai bantuan dari pemerintah pusat, seperti mesin untuk kelancaran pengerjaan produk kerajinan yang ada di Buleleng.

”Di awal tahun ini kami jadwalkan, apakah berpungsi alat itu, dan penggunaanya apa sudah benar.  Tapi sekarang memang sudah benar–benar berfungsi dan meaeng ada pekerjaannya”, ucapnya dengan nada bangga.

Dengan Kerja keras dan semangat Dekranasda, Mas Aries Sujati yang istri Bupati PAS ini mengharapkan usaha kerajinan yang ada di Buleleng mampu berkembang dengan pesat serta memberikan dampak kesejahteraan kepada masyarakat, khususnya para pengerajin. 

Menurut Mas Aries Sujati, Dekranasda juga memberikan ruang bagi pengerajin melalui festival-festival yang di selenggarakan oleh Pemkab Buleleng, sehingga pruduk–pruduk yang dihasilkan akan lebih di kenal oleh masyarakat luas.

”Tentunya kami akan memberikan target kepada mereka yaitu kualitasnya harus di jaga dan di tingkatkan sesuai dengan standar yang ada”,  ujar Mas Aries Sujati.

Mas Aries Sujati juga mengungkapkan keinginannya untuk memberikan bantuan kepada pengerajin anyaman bambu yang ada di desa Tigawasa. Hal ini didasari dari kondisi para pengerajin saat ini yang masih menggunakan cara manual dalam produksinya. “ Bantuannya berupa alat penyebit bambu, agar kerja mereka lebih cepat dan produksi lebih banyak lagi, “ ungkapnya.

Dirinya mengharapkan kepada para pengerajin untuk lebih berinovasi dalam memproduksi kerajinannya. Terutama untuk pengerajin bambu yang ada di desa Tigawasa. Bukan hanya sokasi atau keranjang melainkan hasil produksi yang nilainya lebih tinggi. ”Kami perlu melakukan pengembangan dengan melibatkan desainer yang lainnya”, pungkas Aries Sujati. (DN ~ TiR).—

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com