Ibu-Ibu PKK Diajak Manfaatkan Lahan Pekarangan untuk Kemandirian Pangan Keluarga - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

Post Top Ad

Responsive Ads Here

1/22/19

Ibu-Ibu PKK Diajak Manfaatkan Lahan Pekarangan untuk Kemandirian Pangan Keluarga


Buleleng, Dewata News. Com — Ketua TP PKK Kabupaten Buleleng Bali, Ny. Aries Suradnyana  berpesan kepada Ibu-Ibu PKK agar mampu menciptakan kemandirin pangan keluarga dengan memanfaatan pekarangan rumah sendiri, dimana di dalam perkarangan ada tanaman obat keluarga (Toga), seperti karang kitri, karang sari dan lumbung hidup juga dapat menghasilkan karbohidrat.

Nyonya I Gusti Aries Suradnyana yang jadi Caleg PDI Perjuangan di DPRD Bali Dapil Buleleng menyampaikan pesan itu pada acara Harmonisasi dan Sinkronisasi Gerakan PKK dan Kunjungan ke Rumah Contoh Hatinya PKK di Desa Jinengdalem, Kecamatan Buleleng, Selasa (22/01).

Terkait acara di Desa Jinengdalem pagi itu mendapat apresiasi dengan kehadiran Ketua TP PKK Provinsi Bali Ny. Putri Suastini Koster, Wakil Bupati Buleleng dan Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Buleleng Ny. Ayu Wardhany Sutjidra, beserta para pengurus PKK Desa Jinengdalem dan beberapa pimpinan OPD Lingkup Kabupaten Buleleng.

Selaku Ketua TP PKK Kabupaten Buleleng, Ny. Aries Suradnyana menyampaikan, bahwa sebelumnya telah ada bantuan dari Ketahanan Pangan, yaitu program PRPL (Program Rumah Tangan Lestari) dengan pemberian bibit kepada kelompok-kelompok wanita tani, seperti bibit cabai dan kini tinggal dikembangkan oleh Hatinya PKK.

”Program Hatinya PKK merupakan salah satu program terapan dari 10 Program Pokok PKK yang sesungguhnya lebih dominan mengacu pada penyediaan pangan keluarga, yang memiliki nilai ekonomis, sehingga dapat mendukung kesejahteraan ekonomi keluarga”, ujarnya.

Sementara itu, Ketua TP PKK Provinsi Bali Ny. Putri Suastini Koster yang akrab disapa dengan Bunda Putri ini saat dikonfirmasi usai menyerahkan penghargaan ”Hatinya PKK dan PMT Desa Jinengdalem sebesar Rp27.000.000,00 kepada PKK Jinengdalem mengatakan, bahwa di-Hatinya PKK terdapat program Tanaman Obat Keluarga (Toga), misalkan menanam kunyit dan singkong, ketika  mengalami luka dapat diatasi menggunakan daun singkong serta kunyit sudah bisa menutup luka.

”Ibu–ibu dari sekarang sudah menata disini ada tanah, disitu tempat cabai, tetapi bukan semua tanaman, namun tanaman yang bermanfaat dan sewaktu-waktu bisa dipanen dan dalam jangka panjang dapat menghemat”, jelasasnya. (DN ~ TiR).—

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here