Disdukcapil Buleleng Raih Sertifikat ISO-9001 - Dewata News

Breaking News

Home Top Ad

Gold Ads (1170 x 350)

1/3/19

Disdukcapil Buleleng Raih Sertifikat ISO-9001


Buleleng, Dewata News. Com — Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Buleleng akhirnya berhasil meraih Sertifikat ISO-9001 2015 Quality Management System. Sertifikat ini diberikan oleh Lembaga British Standards Institutions (BSI) pada pertengahan Desember 2018 lalu, merupakan penghargaan atas terpenuhinya sistem manajemen mutu, khususnya manajemen mutu di bidang pelayanan costumer.

Ditemui seusai penyerahan Sertifikat ISO-9001 2015 Qualirty Management System kepada Bupati Buleleng di ruang kerja bupati pada Kamis (03/01), Kepala Disdukcapil Buleleng Putu Ayu Reika Nurhaeni,S.Sos menjelasakan, bahwa sertifikat yang diraih Disdukcapil Buleleng tersebut menjadi hadiah dari kerja keras seluruh personel di jajaran Disdukcapil Buleleng.

”Jadi kami Disdukcapil Buleleng dinyatakan sudah berhak untuk menerima ISO - 9001 2015 dari lembaga BSI. Perjuangan kami selama setahun lebih untuk mendapatkan sertifikat ini berbuah manis,” ungkap Reika Nurhaini bangga.

Reika Nurhaeni lanjut menjelaskan, bahwa sedikitnya ada 23 buah produk yang ada di Disdukcapil Buleleng di-ISO-kan. Keseluruhan produk administrasi kependudukan tersebut menjadi objek yang pelayanannya dinilai secara ketat oleh lembaga independen BSI.

Menurutnya, persiapan untuk mendapatkan sertifikat ISO untuk pemberian layanan dari keseluruhan produk yang dikterbitkan oleh Disdukcapil Buleleng dinilainya cukup berat.

”Dengan tekad, komitmen dan kebersamaan, Disdukcapil Buleleng berhasil meraih sertifikat ISO-9001 2015, yang mengutamakan kepuasan pelanggan dan kepuasan internal,” jelas birokrat perempuan itu.

Mantan Camat Buleleng ini juga menjelaskan, bahwa Disdukcapil Buleleng harus menempuh proses yang cukup panjang sampai diraihnya sertifikat yang berstandar internasional tersebut. Dinas yang menangani dokumen administrasi kependudukan ini, bahkan telah membentuk tim yang khusus menangani pengajuan ISO. Selanjutnya, dilakukan pengkajian awal dari sistem pelayanan yang akan diterapkan.

Masih ungkap birokrat asal Desa Bila, Kubutambahan ini, bahwa karena ISO-9001 2015 ini menyangkut kepuasan pelanggan dan internal, maka keseluruhan internal Disdukcapil diperbaiki dan disempurnakan dengan sebaik-baiknya. Dengan diraihnya sertifikat ISO-9001 2015 tersebut, maka ke-23 produk Disdukcapil Buleleng tersebut sudah diakui secara internasional sesuai dengan standar-standar yang dipersyaratkan.

”Mempertahankan tentu lebih sulit dari meraih. Jadi atas komitmen kami semua yang ada di Disdukcapil, kami berusaha untuk konsisten melaksanakan ISO-9001 2015. Jadi ini dilaksanakan secara berkelanjutan dan terus menerus’,’ pungkas Reika Nurhaeni. (DN ~ TiR).—

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com