Dihempas Gelombang Pasang, Kapal BPBD Buleleng Rusak Parah - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

1/25/19

Dihempas Gelombang Pasang, Kapal BPBD Buleleng Rusak Parah


Buleleng, Dewata News. Com — Hempasan gelombang pasang Selasa (22/01) malam mengakibatkan kapal Rescue BPBD Buleng rusak parah. Kerusakan ini adalah kali kedua setelah sebelumnya kapal ini juga sudah dihempaskan gelombang pasang.

Dari kejadian kedua ini, kerusakan lebih parah, meliputi bagian atap hancur dan dek belakang kapal pecah. Selain itu, sebagian bodi kapal tertimbun pasir di kawasan Pantai Camplung, Kelurahan Banyuasri.

Kepala Pelaksana Badan Pennggulangan Bencana Daerah (BPBD) Buleleng, Ida Bagus Suadnyana mengatakan, setelah kerusakan pertama, dua unit mesin kapal sudah dilepaskan lebih awal. Mesin yang tergolong mahal itu sekarang telah selesai diservis.

Rencananya, bodi kapal akan dipindahkan ke kawasan Pelabuhan Celukan Bawang, Kecamatan Gerokgak, namun kali kedua kapal seharga Rp2,5 miliyar itu akhirnya hancur. Bahkan, kerusakan bagian kapal lebih dari 50 persen.

Atap kapal berbahan fiber itu, kini pecah. Badan kapal juga sudah pecah karena gelombang pasang. Panel kemudi pun sudah terlepas dari badan kapal. Kerusakan itu terbilang sangat parah.

”Setelah dihantam ombak pada Jumat (04/01) yang lalu, maunya kami pindahkan ke Celukan Bawang, tetapi gelombang tinggi kemarin malam merusak kembali kapal itu. Saya tidak enak sama masyarakat, karena kapal yang harusnya menyelamatkan tapi malah menjadi korban ganasnya gelombang laut,” katanya di Singaraja, Jumat (25/01).

Meski mengalami kerusakan patah, IB Suadnyana memastikan kapal yang sudah dihibahkan oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) itu bisa diperbaiki. Rencananya, untuk perbaikan kapal diperkirakan mencapai puluhan juta rupiah.

Sementara menunggu perbaikan dan sampai cuaca laut normal, bangkai kapal tetap dibiarkan di lokasi kejadian. “Informasinya perlu biaya sekitar puluhan juta rupiah”, katanya. (DN -.TiR).--

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com