UNR Gelar Workshop dan Launching Buku Samudra Jiwa di Karangasem - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

12/27/18

UNR Gelar Workshop dan Launching Buku Samudra Jiwa di Karangasem


Denpasar, Dewata News. Com - Universitas Ngurah Rai (UNR) Denpasar sebelum perayaan hari besar keagamaan seperti Natal, Gaungan, Kuningan dan Tahun Baru 2019. Pada Minggu 24  Desember 2018 menggelar workshop dan launcing buku Samudera Jiwa di Kabupaten Karangasem. Workshop dan launching buku Samudera Jiwa diselenggarakan  dalam rangka kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan menggandeng STKIP Agama Hindu Amlapura dalam bidang pengembangan bahasa dan sastra Indonesia di Lapangan Candra Buana Jalan Ngurah Rai Karangasem dengan narasumber  Dr. Ida Ayu Made Gayatri, S.Sn., M.Si yang merupakan editor sekaligus dosen pendidikan bahasa Indonesia di UNR. 

Workshop dan launching buku Samudra Jiwa dihadiri 25 orang penulis dari 41 orang penulis yang terlibat dalam penulisan Antologi Cerpen Samudera Jiwa. Para penulis yang terlibat dalam musim perdana ini berasal dari beragam latar belakang dari berbagai perguruan tinggi, pelajar, pekerja dan ibu rumah tangga yang tergabung dalam Writing Is Special Expression (WISE) Community. Dimana Mardana Putra sebagai pendiri WISE Community mengatakan menulis merupakan media menyampaikan gagasan sebagai wujud kebebasan ekspresi bagi warga." Dengan menulis warga dapat mengembangkan potensi, kreatifitas dan tidak menutup kemungkinan memberi peluang bagi penulis untuk mengembangkannya sebagai industri kreatif," kata Mardana Putra.

Selain itu, menurut Mardana Putra, penulisan kreatif merupakan proses pendidikan masyarakat dalam menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional dan kebanggan melalui penciptaan karya yang produktif." Workshop dan launching buku Samudra Jiwa ini merupakan hasil evaluasi dari proses produksi buku yang telah dimulai sejak bulan Oktober 2018. “Para penulis mulai memunculkan berbagi gagasan dan menyiapkan  materi untuk penulisan pada musim kedua. Melalui proses kreatif ini membuktikan bahasa menyatukan penulis yang berbeda asal usul dan latar belakang,” terangnya.

Kemudian,  narasumber  Dr. Ida Ayu Made Gayatri, S.Sn., M.Si yang merupakan editor sekaligus dosen pendidikan bahasa Indonesia di UNR menambahkan dari karya ini merupakan bukti pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia bisa menjadi petualangan dan eksplorasi gagasan yang menyenangkan. “Ini musti ditingatkan dalam proses pendidikan masyarakat agar dalam menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional dan kebanggan melalui penciptaan karya yang produktif,”, tambahnya.

Sementara  disisi lain,  Rektor UNR, Dr. Drs. Nyoman Sura Aditenaya, M.Si sangat mengapresiasikan sekali apa yang menjadi kegiatan rutinitas yang dilakukan oleh para mahasiswa dan dosen UNR dalam melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat. Karena melalui kegiatan pengabdian masyarakat ini akan mendapatkan nilai tambah. Selain materi pembelajaran yang selama ini mahasiswa dapatkan dibangku perkuliahan. (DN - Bdi)

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com