Biorok Barong dan Rangda Ditenggelamkan Tandai Gelaran ”Pemuteran Bay Festival” 2018 - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

12/13/18

Biorok Barong dan Rangda Ditenggelamkan Tandai Gelaran ”Pemuteran Bay Festival” 2018


Buleleng, Dewata News. Com — Gelaran ”Pemuteran Bay Festival” II – 2018 secara resmi dimulai pada hari Rabu (12/12) malam di Tanjung Budaya, Desa Pemuteran, Kecamatan Gerokgak.

Gebyar ”The Spirit of Rwa Bhineda” merupakan tema yang diusung ”Pemuteran Bay Festival” II – 2018 ditandai dengan menenggelamkan struktur Terumbu Karang Rwa Bhineda yang dikemas dalam Biorok Barong dan Rangda sebagai symbol dari dua perbedaan yang mampu menyeimbanhgkan kehidupan.

”The Spirit of Rwa Bhineda”, menurut Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Buleleng Ir.Nyoman Sutrisna, MM mengandung arti, bagaimana perbedaan mengantarkan pariwisata Buleleng menuju pariwisata berkelanjutan.

”Tidak saja dengan pariwisata alam serta konservasi terumbu karang, namun juga dari sisi industri pariwisatanya. Karenanya, gelaran Pemuteran Bay Festival tahun ini tetap mengusung konservasi. Namun dengan dua sisi yang berbeda digabungkan menjadi satu, yakni konservasi Seni dan Budaya serta Lingkungan”, kata Nyoman Sutrisna.

Pada hari pertama di Pemuteran Bay Festival dimeriahkan dengan aksi Gemar Makan Ikan 3.000 tusuk sate udang yang diperuntukkan kepada masyarakat umum. Pada pembukaan Pemuteran Bay Festival 2018 juga diagendakan secara simbolis memainkan tarian Topeng Barong yang berjumlah 10 Topeng.

Selaku Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Buleleng, Nyoman Sutrisna mengungkapkan, bahwa promosi yang dilakukan melalui komunikasi, publikasi dan kerjasama dengan beberapa agen until. Sehingga nantinya mampu mempromosikan Pariwisata Buleleng dengan konsep yang strategis dan efisien. ”Berdasarkan atas konsep atraksi, kami selalu melakukan promosi-promosi di tingkat nasional regional dan internasional”, jelasnya.


Sementara itu, Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana, ST berharap, seluruh potensi yang ada, baik keindahan alam, budaya dan atraksi-atraksi seperti festival ini, diharapkan Desa Pemuteran dapat menjadi Magnet Utama bagi Kabupaten Buleleng untuk menarik wisatawan yang selama ini penyebarannya masih terkonsentrasi di Bali Selatan, sehingga kesenjangan selama ini secara perlahan dapat diminimalkan.

Disamping itu, dalam sebuah festival, atraksi seni dan budaya merupakan salah satu upaya untuk mempromosikan pariwisata Bali Utara. ”Kami telah mengelaborasi banyak sekali kesenian dan budaya yang ada di Bali Utara yang bisa diangkat ke permukaan dan kami akan jadikan modal dalam gerak atraksi yang berlebel. Ini atraksi dari Buleleng”, imbuhnya.

Gelaran ”Pemuteran Bay Festival” II – 2018 yang akan diselenggarakan dari tanggal 12-15 Desember 2018 di Tanjung Budaya Desa Pemuteran, Kecamatan Gerokgak dimeriahkan oleh berbagai kegiatan seni dan budaya, termasuk juga akan diisi dengan seminar yang menghadirkan pembicara dari Pengusaha Sepatu asal Bali yang sudah Go International, yakni Ni Luh Djelantik dan Gede Bagus X Faktor. (DN ~ TiR).—

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com