Bagus Askara: Bumdes Merupakan Salah Satu Penggerak Perekonomian Desa - Dewata News

Breaking News

Home Top Ad

Gold Ads (1170 x 250)

12/7/18

Bagus Askara: Bumdes Merupakan Salah Satu Penggerak Perekonomian Desa


Denpasar, Dewata News. Com - Ida Bagus Askara Sugiarta yang akrab disapa Bagus Askara sangat mendukung program pemerintah untuk mengembangkan ekonomi pedesaan. Dimana ekonomi pedesaan tersebut sudah diamanatkan sesuai UU No.6 Tahun 2014 tentang desa dapat mengembangkan potensi desa melalui pembentukan kelembagaan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes). Untuk di kota Denpasar sendiri sudah ada beberapa desa yang sudah membentuk Bumdes,” ujarnya, Jumat (7/12).

Menurutnya, semoga di tahun 2019 seluruh desa di Kota Denpasar bisa bentuk Bumdes. Apalagi Bumdes sebagian besar bergerak di bidang jasa. Hal ini mengingat keberadaan Bumdes sangat bermanfaat untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dimasing-masing desa. “Bumdes yang dibangun dapat dengan mudah menggali dan mengembangkan potensi desa, disamping juga dapat membuka lapangan kerja,” terang calon legeslatif (caleg) DPRD Kota Denpasar dari Partai NasDem nomor urut 12 ini.

Lebih jauhnya, pendirian Bumdes merupakan salah satu upaya mewadahi pelaku, aset dan kegiatan di bidang ekonomi. Apalagi nantinya bisa meningkatkan perekonomian desa dan mengoptimalkan aset desa agar bermanfaat untuk kesejahteraan desa. “Pendirian Bumdes juga sebagai strategi pengembangan ekonomi desa bersifat kolektif dengan harapan dapat mengembangkan ekonomi desa sehingga menjadi desa mandiri menuju  Denpasar yang Smart City,” ucapnya.

Bagus Askara menambahkan terbentuknya Bumdes juga harus ada pendukungnya yakni dimasing-masing desa bisa membentuk yang namanya forum Bumdes. Karena melalui forum Bumdes ini dapat menjadi wadah untuk saling tukar informasi guna mengembangkan usaha di masing-masing Bumdes. “Bahkan dengan terbentuknya forum Bumdes akan bisa memberikan penyuluhan dan sebagai tukar menukar informasi untuk mengembangkan usaha di masing-masing Bumbes,” imbuhnya.

Disamping itu keberadaan forum Bumdes sangat penting guna menjaga kelangsungan Bumdes di masing-masing desa. Mengingat melalui forum Bumdes dapat saling bertukar informasi untuk memecahkan setiap permasalahan yang muncul. (DN - Bdi)

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com