Otban Wilayah IV Gelar Bimtek Heliport, Buleleng Tugaskan Made Mustanda - Dewata News

Breaking News

Home Top Ad

Gold Ads (1170 x 250)

11/21/18

Otban Wilayah IV Gelar Bimtek Heliport, Buleleng Tugaskan Made Mustanda


Buleleng, Dewata News. Com — Selaku Kepala Bandara Letkol Wisnu milik Pemkab Buleleng di Sumberkima, Kecamatan Gerokgak, Made Mustanda ditugaskan mengikuti kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek)  Tempat Pendaratan dan Lepas Landas Helikopter (Heliport) dan Bandara Perairan (Waterbase).

Kegiatan Bimtek Heliport yang diselenggarakan oleh Kantor Otoritas Bandar Udaya Wilayah IV Denpasar itu telah diikuti dengan baik oleh Made Mustanda pada tanggal 16 – 18 November 2018 di di Bali Rani Hotel, Kuta – Bali.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Buleleng, Gede Gunawan.AP, SE, M.Si ketika ditemui mengaku, pihaknya menugaskan Kepala Bandara Letkol Wisnu, Made Mustanda untuk mengikuti dan telah melaporkan hasil kegiatan Bimtek Heliport dan Waterbase selama dua hari dengan baik.

”Made Mustanda merupakan satu-satunya PNS Dishub Kabupaten Buleleng yang memiliki sertifikasi ”Aeronautical Communication Officer License” yaitu Lisensi Pemandu Komunikasi Penerbangan yang dikeluarkan oleh Dirjen Perhubungan Udara Kementrian Perhubungan RI, sehingga diberikan mandat guna mengikuti kegiatan Bimtek Heliport dan Waterbase tersebut”, kata Kadishub Buleleng Gede Gunawan.AP di Singaraja, Rabu (21/11) siang.

Kadishub Buleleng Gde Gunawan.AP menilai, bahwa dengan berkembangnya pariwisata dan rutinnya kunjungan pejabat–pejabat sipil dan atau militer, serta kalangan artis dan pengusaha  yang menggunakan sarana transportasi udara, khususnya Helikopter ke Buleleng, sehingga sangat diperlukan tenaga  enaga tekhnis dibidang keselamatan operasional bandara, untuk memandu pendaratan dan lepas landas Helikopter.

Selama dua hari gelaran Bimtek tersebut, dengan menampilkan nara sumber Al Buston dan Alexander yang menjabat sebagai   ”Oerodrome Inspector”  Subdit Personil dan Ops Bandara Direktorat Bandar Udara, Kemenhub. RI.  

Lingkup materi yang diberikan adalah, Peraturan Keselamatan Operasi Bandara, Rekomendasi Tehnis Pembangunan Heliport, Registrasi Heliport,  Standar Tehnis Heliport,  dan Peraturan Dirjen Perhubungan Udara No. KP. 036 Tahun 2017.

Kepala Bandara Letkol Wisnu, Made Mustanda kepada Kepala Dishub Buleleng menyatakan,  bahwa Bimtek dimaksud sangat penting dan perlu, khususnya dalam kaidah penambahan ilmu dan pengetahuan serta prosedur–prosedur penting tentang keselamatan penerbangan udara yang wajib diketahui sebagai seorang personil Bandara.


Selain melaporkan hasil kegiatan mengikuti Bimtek tersebut kepada Kepala Dishub Kabupaten Buleleng, Made Mustanda selaku Kepala Bandar Udara Letkol Wisnu kepada Dewatanews.com menjelaskan, telah menerima inspeksi dari Tim Inspektur Kantor Otban Wilayah IV, terkait keamanan penerbangan.

Tim Inspektur Kantor Otban Wilayah IV, masing–masing I Ketut Suana selaku Inspektur Keamanan Penerbangan Bidang Avsec Level V dan Yunanto  sebagai Inspektur Keamanan Penerbangan Bidang Avsec Level 1 melakukan inspeksi ke Bandar Udara Letkol Wisnu pada hari Kamis (15/11) lalu.

Area Inspeksi dilakukan dengan menyasar  beberapa komponen,  yaitu Bidang  Regulasi dan Organisasi, Bidang Diklat Aparat, Bidang Fungsi Kendali Mutu, Bidang Pengoperasian Bandara, Bidang Riksa Keamanan Penumpang dan Barang, Bidang Fasilitas Keamanan Penerbangan, dan Penanggulangan Tindakan melawan Hukum.

Menurut Made Mustanda, bahwa secara Umum inspeksi berjalan lancar, dan belum diketemukannya hal-hal yang penting dan mendesak, terkait keamanan penerbangan di Bandar Udara Letkol Wisnu.  (DN ~ TiR).—

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com