Bagus Askara: Melalui KIE Jadikan Lansia Lebih Tangguh dan Berumur Panjang - Dewata News

Breaking News

Home Top Ad

Gold Ads (1170 x 250)

11/24/18

Bagus Askara: Melalui KIE Jadikan Lansia Lebih Tangguh dan Berumur Panjang


Denpasar, Dewata News. Com - Ida Bagus Askara Sugiarta yang akrab disapa Bagus Askara mengatakan bagi kalangan lanjut usia (lansia) dirasakan masih memiliki permasalahan dan tantangan yang beragam dalam kehidupan sehari-harinya. Mustinya, seluruh elemen masyarakat baik pemerintah, swasta maupun lembaga lainya hendaknya memberikan perhatian khusus guna menanggulangi permasalah yang dihadapi oleh para lansia seperti yang dilakukan oleh BKKBN lewat sosialisasi pengembangan materi dan media komunikasi, informasi, dan edukasi (KIE) kelanjutusiaan sesuai kearifan lokal,” ujarnya, Sabtu (24/11).

Menurutnya, melalui KIE kedepanya akan mampu mewujudkan lansia tangguh yakni dimana usia masyarakat akan bisa menembus hingga mencapai usia hingga di atas usia  60 tahun, bahkan lebih. Dimana usia tersebut dirasakan masih sehat, bersemangat, mandiri, kreatif, dan  masih tetap bisa berkarya.  “Bahkan, melalui KIE juga bisa meliputi dimensi spiritual, dimensi intelektual, dimensi fisik, dimensi emosional, dimensi sosial kemasyarakatan, dan dimensi pendekatan berdasarkan lingkungan buat lansia itu sendiri,” terang calon legeslatif (caleg) DPRD Kota Denpasar dapil Denpasar Utara dari Partai NasDem nomor urut 12 ini.

Kemudian, dari penyampai lainya yang disampaikan oleh BKKBN baru-baru ini di media masa selain lewat KIE menjadikan lansia tangguh juga bisa melalui pencegahan terhadap berbagai penyakit, pengobatan secara berkala dan berkelanjutan, serta melakukan rehabilitasi (pemulihan secara bertahap) kepada para lansia. “Dengan semua tahapan tersebut, maka dengan sendiri  lansia akan mampu mencapai usia tersebut, dan menjadikan lansia tangguh,” ucapnya.

Lebih lanjutnya, sebenarnya dari sekian dimensi yang menjadi acuan BKKBN tersebut semuanya memiliki peran dan fungsi berbeda. Selain itu, dengan KIE ini akan bisa memberikan kebahagian buat para lansia. “Paling tidak dengan KIE akan bisa lebih terstruktur untuk bisa menjadikan lansia selain tangguh juga memiliki umur yang panjang. Karena lansia yang tangguh dan berumur panjang akan berdampak pada Indek Pembangunan Manusia (IPM) nantinya,” imbuhnya.

Bagus Askara menambahkan, semoga melalui KIE yang menjadi program utama BKKBN untuk menjadikan lansia tangguh dan berumur panjang terus berjalan dengan baik. Musti perlu dukungan seluruh elemen masyarakat baik pemerintah, swasta maupun lembaga lainya. (DN - Bdi)

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com