Tumpek Landep, Tingkatkan Sradha dan Bhakti melalui Yadnya - Dewata News

Breaking News

Home Top Ad

Gold Ads (1170 x 250)

10/27/18

Tumpek Landep, Tingkatkan Sradha dan Bhakti melalui Yadnya


Buleleng, Dewata News. Com - Pada hari Sabtu (27/10) ~ Saniscara Kliwon Wuku Landep oleh segenap umat Hindu  di Bali dirayakan sebagai Hari Raya Tumpek Landep, merupakan hari pemujaan kepada Ida Bhatara Sang Hyang Siwa Pasupati sebagai dewanya taksu. 

Hari Raya Tumpek Landep ini jatuh setiap Saniscara Kliwon Wuku Landep, sehingga secara perhitungan kalender Bali dirayakan setiap 210 hari sekali.

Pada Hari Raya Tumpek Landep ini mengadakan upacara selamatan terhadap semua jenis alat yang tajam atau senjata, serta memohon kehadapan Bhatara Siwa dan Sang Hyang Pasupati agar semua alat/senjata tetap bertuah.

Biasanya pada Hari Raya Tumpek Landep yang diupacarai adalah Keris dan Tombak, kini senjata lancip itu sudah meluas pengertiannya, yakni yang diupacarai benda-benda hasil cipta karsa manusia yang dapat mempermudah hidup seperti sepeda motor, mobil, mesin, komputer dan sebagainya.

Intinya, di zaman milinium ini masyarakat Hindu di Bali saat ini sudah memiliki pemikiran yang kuat dan pengetahun terus bertambah seperti runcing dan tajamnya senjata.

Hari Raya Tumpek Landep merupakan tonggak untuk mulat sarira / introspeksi diri untuk memperbaiki karakter agar sesuai dengan ajaran–ajaran Agama Hindu di Bali. 

Pada Hari Raya Tumpek Landep hendaknya umat melakukan persembahyangan di sanggah/merajan serta di pura untuk memohon wara nugraha kepada Ida Bhatara Sang Hyang Siwa Pasupati agar diberi ketajaman pikiran, sehingga dapat menjadi orang yang berguna bagi masyarakat. ~ Made Tirthayasa ~

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com