Gung Ronny: LPD Harus Berkonsepkan Wawasan Budaya - Dewata News

Breaking News

Home Top Ad

Gold Ads (1170 x 250)

10/9/18

Gung Ronny: LPD Harus Berkonsepkan Wawasan Budaya


Denpasar, Dewata News. Com - I Gusti Agung Ronny Indra Wijaya yang akrab disapa Gung Ronny menyarankan agar mendorong langkah revitalisasi lembaga LPD dalam penguatan digitalisasi dan memiliki konsep berwawasan budaya. Apalagi Pemerintah Kota (Pemkot) Denpasar juga telah menekankan LPD sebagai lembaga keungan san ekonomi. 

"Dengan demikian kedepanya LPD yang ada di Kota Denpasar, mau tidak mau harus sepenuhnya siap menghadapi persaingan global," ujarnya, Selasa (9/10).

Menurut Calon Legeslatif (Caleg) DPRD Bali dari Partai NasDem dapil Kota Denpasar nomor urut 5, bahwa berbagai lembaga perbankan dan keuangan yang tumbuh dan berkembang dewasa ini akan menyebabkan persaingan cukup ketat. Untuk memenangkan persaingan ini, maka LPD harus mempunyai identitas dan keunggulan spesifik yang tidak dimiliki oleh lembaga keuangan lainnya.

"Mustinya Identitas LPD mampu menonjolkan keunggulan-keunggulan yang dimiliki baik dibidang pelayanan maupun penampilan LPD itu sendiri," terangnya.

Lebih jauhnya, spesifikasi LPD yang memiliki kedekatan budaya dan psikologi dengan nasabah, faktor lokasi yang mudah dijangkau dan karakter bisnis yang luwes merupakan kekuatan lembaga ini untuk bertahan dan memilki daya saing terhadap lembaga sejenis. Keberadaan dan Program LPD yang ada di Kota Denpasar saat ini sudah sesuai dan sejalan dengan program Kota Denpasar yakni meningkatkan perekonomian masyarakat berbasis budaya unggulan. 

"Penyamaan cara pandang bagi seluruh pengurus LPD di Kota Denpasar telah dilakukan dalam Sosialisasi Peraturan Daerah No. 3 Tahun 2017 dan Peraturan Gubernur Bali No. 44 Tahun 2017 tentang Peraturan Pelaksaaan Perda No. 3 Tahun 2017 tentang Lembaga Perkreditan Desa belum lama ini," ucapnya.

Kemudian, Gung Ronny menambahkan dilihat dari sudut pandang yang berbeda, Inovasi LPD terus bermunculan seperti LPD Kesiman meluncurkan sebuah program `LPD Mini Sekolah` yang diperuntukan untuk sekolah-sekolah di wilayah Desa Kesiman serta sudah meluncurkan digitalisasi LPD. Disamping itu kerjasama dalam meningkatkan kebersihan lingkungan yang melibatkan bank-bank sampah yang ada di desa setempat. 

"Hanya saja, perlu ditingkatkan lagi di sejumlah LPD di Kota Denpasar yakni harus rutin melakukan sosialisasi dan bila perlu melakukan jemput bola untuk meningkatkan jumlah nasabah," tambahnya. (DN - Bdi)

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com