Buleleng Raih Penghargaan Proklim 2018 Untuk Desa Pemuteran - Dewata News

Breaking News

Home Top Ad

Gold Ads (1170 x 250)

10/26/18

Buleleng Raih Penghargaan Proklim 2018 Untuk Desa Pemuteran


Jakarta, Dewata News.Com — Kabupaten Buleleng dibawah duet kepemimpinan PASS (Putu Agus Suradnyana-Nyoman Sutjidra) yang telah dua periode sepertinya panen penghargaan tingkat nasional atas prestasi yang dicapai selama ini.

Prestasi yang terakhir ditorehkan, yakni datang dari Program Kampung Iklim (Proklim) yang dicetuskan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Penghargaan ini diserahkan langsung oleh Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar dan diterima oleh Sekretaris Desa Pemuteran Gede Suartika didampingi Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Buleleng Putu Ariadi Pribadi, S. STP, MAP  dalam acara Penghargaan Proklim Utama tahun 2018 di Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta, Rabu (24/10) kemarin.

Penghargaan yang diberikan ini merupakan keberhasilan Pemkab Buleleng dalam membina program kampung iklim (Proklim). Pemkab Buleleng melalui Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Buleleng mengusulkan 3 Desa Proklim, yaitu Desa Cempaga, Desa Umeanyar dan Desa Pemuteran.

Dari tiga yang diusulkkan itu, ternyata Desa Pemuteran yang berhasil memperoleh Penghargaan Proklim Utama. Sedangkan untuk Desa Cempaga dan Desa Umeanyar memperoleh sertifikat.

Untuk di Provinsi Bali, Desa yang mendapatkan penghargaan, selain Desa Pemuteran adalah Desa Panglipuran, Kabupaten Bangli. Dari 607 Desa/Tapak pengusul Proklim seluruh Indonesia, yang masuk nominasi hanya sebanyak 97 Desa/tapak, dan secara keseluruhan Desa/tapak yang meraih penghargaan Proklim Utama sebanyak 33 Desa/Tapak, dan 1 Desa/Tapak memperoleh Penghargaan Proklim Lestari.

Menteri LHK, Siti Nurbaya Bakar dalam sambutannya mengatakan, bahwa pemerintah pusat tidak akan mampu mengendalikan perubahan iklim bila pemerintah daerah tidak terlibat didalamnya. Karena itu, program ini harus melibatkan kelompok masyarakat yang ada di desa dan kelurahan.

Menurut Siti Nurbaya Bakar, Proklim merupakan suatu kegiatan yang memberikan pemahaman dan wawasan kepada masyarakat tentang perubahan iklim dengan melakukan aksi nyata, adaptasi, dan mitigasi dalam menghadapi variabilitas iklim serta dampak perubahan iklim.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Buleleng Putu Ariadi Pribadi, mengaku sangat bahagia, karena Buleleng mampu meraih penghargaan Proklim 2018.

Ariadi juga mengatakan, Penghargaan Program Kampung Iklim merupakan bentuk apresiasi Pemerintah Pusat terhadap keterlibatan masyarakat dan pemangku kepentingan lain untuk melakukan penguatan kapasitas adaptasi terhadap dampak perubahan iklim.

"Desa Pemuteran juga mampu memberikan pengakuan terhadap upaya adaptasi dan mitigasi perubahan iklim yang telah dilakukan, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat ditingkat lokal sesuai kondisi wilayah”, jelasnya. (DN ~ TiR).—

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com