Bagus Askara: Peringatan Hari Sumpah Pemuda di Zaman Now Mengubah Kebiasan Anak Muda - Dewata News

Breaking News

Home Top Ad

Gold Ads (1170 x 250)

10/28/18

Bagus Askara: Peringatan Hari Sumpah Pemuda di Zaman Now Mengubah Kebiasan Anak Muda


Denpasar, Dewata News. Com - Perayaan hari Sumpah Pemuda 28 Oktober 1018 ini menjadi saksi sejarah tonggak berdirinya perkumpulan anak-anak muda Indonesia memperjuangkan pergerakan kemerdekaan. 

"Selain itu, perayaan hari Sumpah Pemuda juga membawa pesan yang kuat untuk terus melahirkan satu visi, dan perjuangan bersama dalam satu tanah air, satu bahasa dan satu bangsa yakni bangsa Indonesia," ujar Ida Bagus Askara Sugiarta yang akrab disapa Bagus Askara, Minggu (28/10).

Menurutnya, makna dari perayaan hari Sumpah Pemuda semua itu tercatat dari sebuah jalan panjang anak-anak muda memperjuangkan nilai persatuan di Republik ini, dan sejarah panjang telah mencatat apa yang mereka lakukan semata-mata untuk kepentingan bangsa dan rakyat Indonesia. 

“Kemudian di era milenial  yang ditandai dengan pesatnya perkembangan teknologi telah mengubah kebiasaan-kebiasaan anak muda atau yang disebut “Zaman Now” ini cenderung lebih soliter, asyik dengan dirinya sendiri, asyik dengan dunianya,” terang calon legeslatif (caleg) DPRD Kota Denpasar dapil Denpasar Utara dari Partai NasDem nomor urut 12 ini.

Lanjut Bagus Askara, teknologi juga telah mengubah perilaku dan pola kehidupan anak-anak muda sekarang menjadi lebih sulit berinteraksi dengan orang lain. Karena dengan teknologi semuanya serba mudah, membuat manusia merasa lebih bisa memenuhi kebutuhan sendiri tanpa memerlukan interaksi dengan banyak orang. 

“Interaksi sosial antar individu justru terjadi lebih banyak di dunia maya ketimbang nyata,” ucapnya.

Lebih jauhnya, Bagus Askara menambahkan, keadaan seperti ini dikhawatirkan menjadikan generasi muda menjadi apatis dan kehilangan kepekaan pada kondisi sosial masyarakat. Parahnya lagi, ketika keadaan tersebut memicu pragmatism dalam berpikir. 

“Para pemuda tidak lagi memiliki semangat perjuangan, dan seperti itulah potret anak muda Indonesia Zaman Now,” tambahnya.

Dijelaskan, kemajuan teknologi juga berhasil mengubah dunia, dan sekaligus banyak membawa perubahan terutamanya buat bangsa kita. Contohnya seperti internet yang berhasil menjadi sarana yang mengubah kebiasan, cara berkomunikasi atau prilaku para pemuda di Zaman Now ini. 

“Intinya walau banyak sekali terjadi perubahan di Zaman Now ini, kita sebagai pemuda jangan pernah sekali pun lupa dengan peringatan hari Sumpah Pemuda untuk tetap mengenang jasa para pahlawan,” jelasnya. (DN - Bdi)

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com