Tingkatkan Kualitas Layanan Publik, Buleleng Jalin Kerjasama dengan Banyuwangi - Dewata News

Breaking News

Home Top Ad

Gold Ads (1170 x 250)

9/4/18

Tingkatkan Kualitas Layanan Publik, Buleleng Jalin Kerjasama dengan Banyuwangi


Banyuwangi, Dewata News. Com — Dalam meningkatkan kualitas di bidang pelayananan publik, Pemerintah Kabupaten Buleleng di bawah kepemimpinan duet (PASS) Putu Agus Suradnyana, ST dan dr I Nyoman Sutjidra Sp OG telah melakukan berbagai upaya dalam memberikan kualitas terhadap pelayananan publik. Salah satunya dengan tukar wawasan dan menjalin kerjasama, seperti yang terlaksana pada hari Senin (03/09).

Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana,ST bersama beberapa Kepala OPD dan para Kepala Bagian lingkup Pemkab Buleleng, melaksanakan penjajakan dan kerjasama di bidang pemerintahan dengan Pemkab Banyuwangi.

Rombongan dari Bumi Den Bukit itu diterima langsung oleh Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas,M.Si. di gedung Kantor Bupati Banyuwangi, Provinsi Jawa Timur.

Bupati Buleleng Agus Suradnyana mengatakan, bahwa penjajakan kerja sama bidang pemerintahan ini bermaksud untuk membahas rencana awal kerja sama dalam beberapa sector di bidang pemerintahan.

Menurut Bupati PAS, pembahasan kerja sama ini masih bersifat makro, dan nantinya akan dijabarkan lagi secara lebih teknis oleh masing-masing OPD. ”Ini masih dalam tahap penjajakan, sifatnya masih umum, kami akan melakukan kerja sama pemerintahan, itu dulu, Nanti masing-masing OPD yang akan melakukan kerja sama lebih teknis sesuai dengan bidang dan tugasnya “, kata Bupati PAS.

Terkait alasan dipilihnya Kabupaten Banyuwangi sebagai mitra kerja sama di bidang pemerintahan, Bupati PAS mengungkapkan, bahwa Kabupaten Banyuwangi memiliki potensi kewilayahan dan pemerintahan yang layak untuk di ajak kerja sama oleh Pemkab Buleleng.

Secara geografis, lanjut PAS, jarak Buleleng dengan Banyuwangi cukup dekat, serta nemiliki potensi kebudayaan dan pariwasata yang sudah cukup maju. Selain itu, juga ada potensi pertanian yang bisa nantinya kami ajak bekerjasama.

”Dalam hal tata kelola pemerintahan dan upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat, Pemkab Banyuwangi juga memiliki prestasi yang patut ditiru, Pemkab Banyuwangi ini evaluasi AKIP -nya sudah memperoleh predikat A, sedangkan Buleleng baru mendapat predikat B, dan yang lebih penting lagi untuk dipelajari adalah bagaimana upaya Pemkab Banyuwangi dalam mengurangi angka kemiskinan serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat”, imbuhnya.

Sementara itu, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas,M.Si mengungkapkan, pihaknya sangat mengapresiasi dan menyambut baik upaya penjajakan kerjasama  di bidang pemerintahan antar Pemkab Buleleng dan Pemkab Banyuwangi.

Bupati Abdullah Aswar Anas mengakui, bahwa ada banyak bidang pemerintahan yang nantinya bisa dikerjasamakan dengan Pemkab Buleleng, salah satunya di bidang pariwisata, ”Karena berbicara pariwisata sebenarnya berbicara lintas teritorial, jika ada Kepala Daerah yang masih berpikir satu teritorial, maka bersiap pariwisatanya tidak akan dapat melompat dengan cepat, Untuk itu kerja sama seperti ini sangat diperlukan “ ungkap Bupati yang berhasil dengan best practice-nya itu.

Bupati Azwar juga menambahkan, perlunya dukungan dari ASN sangat menentukan dalam membangun keberhasilan sebuah pemerintahan, “Bupati harus mampu mendorong ASN itu untuk tahu siapa mengerjakan apa”, kata Bupati Azwar.
Dalam pembahasan kerja sama pemerintahan yang digagas Bagian Pemerintahan Setda Buleleng itu, adalah merupakan upaya Pemkab Buleleng dalam meningkatkan pelayanan publik.

Nantinya beberapa sektor di bidang pemerintahan tersebut yang akan dikerjasamakan, antara lain, bidang tata kelola pemerintahan, pariwisata dan kebudayaan, industri dan perdagangan, ekonomi kreatif, lingkungan hidup dan kebersihan, pertanian dan ketahanan pangan, serta teknologi informasi. (DN ~ TiR).—

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com