”Lovina Festival” : Parade Gangsing di Pantai Kalibukbuk - Dewata News

Breaking News

Home Top Ad

Gold Ads (1170 x 250)

9/28/18

”Lovina Festival” : Parade Gangsing di Pantai Kalibukbuk


Buleleng, Dewata News. Com — Puluhan wisatawan mancanegara maupun wisatawan domestic tampak antusias menyaksikan parade gangsing yang di laksanakan serangkaian Lovina Festival 2018, Jumat (28/09).

Seperti diketahui, bahwa Gangsing merupakan salah satu permainan tradisional yang sudah ada sejak ratusan tahun lalu. Parade gangsing ini diikuti puluhan peserta yang kali ini digelar di area Parkir Timur Pantai Lovina, Desa Kalibukbuk.

Salah satu wisatawan asal Belanda, Markhom saat menyaksikan parade gangsing mengatakan, kegiatan ini unik, dimana dirinya merasa terpesona menyaksikan benda kayu yang digulung tali lalu diputar ini  dan kemudian dilempar ke tanah hingga berputar. ”Saya sangat terhibur senang melihat permainan unik ini dan saya diberikan kesempatan untuk melempar gangsing, ternyata susah juga. Sepertinya terlihat gampang tapi setelah saya melakukan langsung terasa sangat sulit”, ucapnya

Kabid Destinasi Dinas Kebudayaan Kabupaten Buleleng, Ketut Suteja mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan salah satunya untuk melestarikan budaya permainan adat bali sebagai salah satu daya tarik pariwisata buleleng. 

Menurut Ketut Suteja, kebudayaan merupakan aspek bagian dari pariwisata yang dapat menarik wisatawan yang datang ke Buleleng. 

”Kegiatan ini adalah moment promosi agar Buleleng lebih di kenal lebih jauh dan lebih bermanfaat bagi desa-desa yang ikut dalam parade gangsing ini, seperti desa Gobleg, Gesing, Munduk, Umejero, Pedawa dan desa Bengkel”, imbuhnya. (DN ~ TiR).—

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com